Bursa Eropa 10 Februari Bergerak Naik Menjelang Pertemuan Trump-Abe

1100

Pasar Saham Eropa lebih tinggi pada perdagangan Jumat (10/02) karena investor mencerna laporan pendapatan dan menantikan pertemuan Presiden Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Indeks FTSE berada pada 7.254,32, naik 24,82 poin atau 0,34%

Indeks DAX berada pada 11.691,95, naik 49,09 poin atau 0,42%

Indeks CAC berada pada 4.837,08, naik 10.84 poin atau 0.22%

Indeks IBEX 35 berada pada 9.450,10, naik 11,70 poin atau 0,12%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,35 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan yang positif.

Saham sumber daya dasar naik lebih dari 2,2 persen, mengalahkan sektor lainnya pada pendapatan.

Perusahaan pertambangan Boliden berada di atas patokan Eropa, naik hampir 6 persen pada penawaran awal, setelah melaporkan laba operasi inti $ 236.760.000, jauh di atas ekspektasi. Produsen baja ArcelorMittal mengatakan Jumat bahwa harga baja yang lebih tinggi membantu untuk mempersempit kerugian setahun penuh sempit. Sahamnya lebih tinggi hampir 4 persen.

Sebaliknya, saham Just Eat berada di bawah patokan Eropa, turun hampir 6,5 persen. CEO-nya mengatakan akan mengundurkan diri karena terdesak masalah keluarga.

Produsen mobil Renault melaporkan hasil rekaman pada tahun 2016, dengan operasi keuntungan yang lebih tinggi 3 persen. Sahamnya pindah 1,6 persen lebih tinggi. Renault dan Nissan dikabarkan siap untuk mengejar lebih dekat setelah pemerintah Perancis menjual sahamnya di produsen mobil.

Sementara itu, kelompok barang mewah Kering melonjak 2 persen pada penawaran awal setelah hasil pendapatan mengalahkan ekspektasi.

Juga pada jadwal untuk Jumat adalah pertemuan Trump dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Gedung Putih. Diskusi diperkirakan termasuk rencana presiden untuk mundur dari Trans-Pacific Partnership dan membangun serangkaian perjanjian perdagangan bilateral baru.

Data yang dirilis Jumat menunjukkan produksi industri di Perancis menjatuhkan 0,9 persen bulan-ke-bulan pada bulan Desember, sedikit di bawah konsensus.

Saham Asia ditutup pada 18 bulan Jumat tinggi, mengikuti kenaikan di Wall Street setelah Presiden Trump berjanji untuk mengumumkan pajak besar untuk menurunkan beban usaha.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa untuk perdagangan selanjutnya akan mencernati laporan laba emiten, data ekonomi, pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here