Pembiayaan Perumahan Desember Australia Menurun, Kredit Investasi Meningkat

870

Pembiayaan rumah di Australia naik lagi pada bulan Desember, sedangkan kredit investasi menurun, memberikan gambaran beragam dalam sektor perumahan.

Jumlah kredit rumah yang dikeluarkan oleh pihak berwenang Australia naik yang disesuaikan secara musiman 0,4% pada bulan Desember, menyusul kenaikan 0,9% bulan sebelumnya, kata kantor statistik nasional dalam sebuah laporan, Jumat (10/02). Perkiraan median analis menyerukan keuntungan dari 1%.

Pinjaman investasi untuk rumah, barometer kredit properti residensial tetap, menurun 1% dari November. Pinjaman investasi telah melonjak 4,9% pada bulan sebelumnya.

Awal pekan ini, Asosiasi Industri Perumahan Australia (HIA) mengatakan penjualan rumah baru naik 0,2% pada Desember dari November, ketika mereka naik 6,1%. HIA mengatakan profil keseluruhan pasar perumahan baru konsisten dengan tahap pertama dari siklus turun.

Reserve Bank of Australia (RBA) telah membuat kebijakan moneter yang sangat akomodatif selama dua tahun terakhir, dan menurut analis, lebih mungkin untuk menurunkan suku bunga lebih lanjut sebelum membesarkan mereka. Awal pekan ini, bank sentral memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan pada rekor rendah 1,5%, di mana telah berdiri sejak Agustus.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here