Bursa Shanghai 13 Februari Berakhir Kuat Terbantu Kenaikan Harga Komoditas

656

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (13/02), indeks Shanghai berakhir naik 0,64 persen atau 20,52 poin pada 3,217.22. Kenaikan Bursa Shanghai terdukung kenaikan sektor bahan terpicu harga komoditas yang kuat.

Analis menyatakan beberapa kabar baik selama akhir pekan, termasuk reli harga logam, mendukung pasar.

Saham produsen logam naik kuat, dengan Jiangxi Copper menambahkan 3,5 persen menjadi tertinggi 2,5 bulan, karena harga tembaga melonjak setelah BHP Billiton menyatakan force majeure karena pemogokan di tambang tembaga terbesar di dunia di Chile.

Sementara itu kekhawatiran likuiditas juga agak mereda karena bank sentral Tiongkok menyuntikkan 100 miliar yuan ke pasar uang pada hari Senin setelah melewatkan operasi pasar terbuka selama enam hari perdagangan.

Lihat : Bank Sentral Tiongkok Kembali Kucurkan Dana ke Pasar Keuangan

Pasar saham telah didukung dalam beberapa pekan terakhir oleh tanda-tanda stabilisasi pertumbuhan ekonomi, meskipun pengaturan ketat kebijakan Beijing telah menahan permintaan.

Respon pasar tampak diredam terhadap berita bahwa regulator sekuritas Tiongkok berjanji untuk menangkap taipan keuangan yang melanggar hukum yang disebutnya buaya raksasa.

Sebagian besar sektor menguat, sementara sektor energi dan real estate tertinggal.

Saham yang terkait dengan inisiatif “One Belt, One Road” mengambil nafas setelah rally yang kuat baru-baru ini, meskipun optimisme yang mendasari menyebar ke sektor lain, di sektor konsumen tertentu dan keuangan.

Saham Yanghe Brewery melonjak sebanyak 10 persen, maksimum yang diperbolehkan, untuk mencapai 20 bulan tinggi, sedangkan China Molybdenum melonjak 7 persen di hari terbaik sejak awal November.

Esok hari akan dirilis data Inflasi Tiongkok Januari yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif jika data Inflasi meningkat. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3113-3020, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3311-3415.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here