Rupiah Senin Pagi Lanjutkan Kerugian Akhir Pekan

305

Mantapnya penguatan dollar AS terhadap banyak rival utamanya masuki perdagangan sesi Asia turut memberikan tekanan bagi laju rupiah yang lanjutkan pelemahan perdagangan akhir pekan. Rupiah Senin pagi (13/2) dibuka melemah diatas kisaran 13300  dan  mendapat beban dari penurunan kurs referensi perdagangan akhir pekan yang dilakukan BI.

Pergerakan rupiah yang negatif  tidak menghambat banyaknya aliran modal investor asing masuk ke bursa  saham  sehingga tercetak net buy sebesar Rp164 miliar lebih.  Dukungan modal investor asing tersebut  turut memberi tenaga bagi IHSG  yang sekarang bergerak positif dan naik 0,7%.

Lihat: IHSG 13 Februari Tembus 5400 Terdorong Rekor Baru Wall Street

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi melemah 0,11%  dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13326/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13335/US$. Demikian untuk nilai kurs jisdor yang ditetapkan BI ke posisi  lebih lemah  di 13330 dari perdagangan sebelumnya  di 13318.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi lemah pada akhir perdagangan  oleh ekspansif dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13350 dan  resistance di 13300.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here