Inflasi dan Harga Produsen Januari Tiongkok Naik Tinggi

501

Inflasi harga produsen Tiongkok naik lebih dari perkiraan pada bulan Januari hingga mendekati posisi tertinggi enam tahun karena harga baja dan bahan baku lainnya memperpanjang rally, menambah pandangan bahwa aktivitas manufaktur global meningkat.

Inflasi konsumen Tiongkok juga naik lebih dari yang diperkirakan, mendekati tiga tahun tertinggi dengan harga bahan bakar dan makanan melonjak, data menunjukkan pada Selasa (14/02).

Sebagian besar kenaikan di harga konsumen mungkin karena biaya makanan dan perjalanan yang lebih tinggi menuju ke liburan Tahun Baru Imlek yang panjang, Biro Statistik Nasional (NBS) mengatakan.

Bank sentral Tiongkok menaikkan suku bunga jangka pendek dalam beberapa pekan terakhir seperti yang terlihat mengandung risiko dari pertumbuhan tinggi dalam utang, sementara bank sentral India pekan lalu tiba-tiba mengisyaratkan mengakhiri siklus pelonggaran terpanjang sejak krisis keuangan global, mengutip risiko inflasi.

Namun beberapa analis, percaya tekanan harga di Tiongkok mungkin berumur pendek, mencatat bahwa lonjakan harga pangan Januari ini cenderung musiman dan bahwa keuntungan harga produsen setengah melambat secara bulan ke bulan.

Analis menyatakan, kebijakan moneter ketat, perlambatan pertumbuhan pendapatan dan pendinginan harga properti menjaga tekanan harga yang lebih luas dalam jangka menengah,” tambahnya, mencatat bahwa harga lemah awal tahun lalu mungkin telah dibesar-besarkan kekuatan tren reflationary terlihat dalam beberapa bulan terakhir.

Inflasi konsumen meningkat menjadi 2,5 persen pada Januari dari tahun sebelumnya, tertinggi sejak Mei 2014. Kenaikan tersebut masih dalam target pemerintah menuju 3 persen.

Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan indeks harga konsumen (CPI) akan naik 2,4 persen, setelah naik 2,1 persen pada Desember.

china-inflation-cpi

Harga pangan, komponen terbesar dari CPI, naik 2,7 persen pada Januari, dipimpin oleh kenaikan 7,1 persen dalam harga daging babi.

Biaya bahan bakar melonjak 16,5 persen pada tahun, kenaikan terbesar di antara komponen CPI, mungkin karena perbandingan rendah di periode tahun lalu ketika harga BBM turun.

Inflasi harga produsen meningkat menjadi 6,9 persen – yang tercepat sejak Agustus 2011 – dari kenaikan bulan Desember dari 5,5 persen.

china-producer-prices-change

Keuntungan dalam indeks harga produsen (PPI) didorong oleh peningkatan 31,0 persen dalam biaya pertambangan karena harga batubara naik, lompatan terbesar dalam kategori tersebut sejak awal 2010.

Pasar telah memperkirakan harga produsen naik 6,3 persen secara tahunan. Tapi secara bulanan, mereka hanya naik 0,8 persen, turun dari kenaikan 1,6 persen bulan Desember.

Impor besar-besaran Tiongkok untuk batubara, minyak mentah, bijih besi dan bahan industri telah membantu mendorong rebound tajam harga sumber daya global dalam beberapa bulan terakhir, meningkatkan keuntungan bagi produsen dan prosesor.

Bijih berjangka besi di Tiongkok naik untuk sesi keenam berturut-turut pada hari Selasa, mencapai tertinggi dalam lebih dari tiga tahun, sementara tembaga berjangka London telah naik ke sekitar tertinggi 20-bulan.

Kenaikan harga di Tiongkok telah lebih diperkuat oleh upaya pemerintah untuk mengurangi kelebihan kapasitas industri.

Investor menguangkan pada perdagangan reflationary global. Saham Jiangxi Copper Co Ltd, produsen tembaga terpadu terbesar di Tiongkok, telah melonjak lebih dari 60 persen dalam satu tahun terakhir di Shanghai dan 85 persen di Hong Kong.

Tapi kenaikan besar di pasar berjangka komoditas Tiongkok, terutama untuk bijih besi, memperkuat logam bar dan batubara kokas yang digunakan dalam produksi baja, telah menambah kekhawatiran pembuat kebijakan’tentang gelembung harga spekulatif.

Kekhawatiran tentang spekulasi dan risiko utang memimpin bank sentral untuk pindah ke bias pengetatan dalam beberapa bulan terakhir, tidak inflasi, analis mengatakan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here