Optimisme Bisnis Awal Tahun Australia Meningkat Tertinggi Satu Dekade

500

Optimisme bisnis Australia melompat ke tertinggi dalam hampir satu dekade pada Januari karena perusahaan melaporkan kenaikan penjualan sementara keuntungan mantap, menunjuk ke pertumbuhan ekonomi yang solid setelah melemah akhir tahun lalu.

Survei bulanan nasional Australia Bank lebih terhadap dari 400 perusahaan menunjukkan indeks kondisi bisnis melonjak dari 6 ke 16 pada bulan Januari. Yang membawanya kembali ke tertinggi terlihat pada pertengahan 2007 dan jauh di atas rata-rata jangka panjang dari 5.

australia-business-confidence

Ukuran survei kepercayaan bisnis juga naik dari 4 ke 10 pada bulan Januari. Indeks penjualan naik dua kali lipat menjadi 22 pada bulan tersebut, sedangkan ukuran keuntungan stabil di 12.

Kenaikan 5 poin yang sehat di kerja ke tertinggi sejak 2011 tampaknya pertanda baik untuk
pasar tenaga kerja umumnya lambat.

Tindakan harga biaya dalam survei ini juga menunjukkan peningkatan tekanan upah, meskipun inflasi harga eceran tetap sangat tenang.

New South Wales menikmati sebagian besar perbaikan di kondisi, sementara negara-negara bagian lain relatif stabil.

Kepala Ekonom NAB Alan Oster berhati-hati tentang membaca terlalu banyak ke dalam survei, yang mencerminkan sebagian pandangan bank bahwa perlambatan ekonomi akan memaksa dua pemotongan lainnya di suku bunga kemudian pada tahun 2017.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here