Pertumbuhan Ekonomi Jerman Q4 Rebound

597

Ekonomi Jerman tumbuh sebesar 0,4 persen pada kuartal akhir 2016, data menunjukkan pada Selasa (14/02), terdukung meningkatnya belanja negara, konsumsi swasta lebih tinggi dan konstruksi di ekonomi terbesar Eropa itu lebih dari mengimbangi pelemahan perdagangan luar negeri.

Angka pertumbuhan untuk tiga bulan terakhir 2016 datang sedikit lebih lemah dari konsensus perkiraan dalam jajak pendapat Reuters dari 0,5 persen. Namun, hal itu ditandai rebound tajam setelah ekonomi Jerman hampir tidak berkembang selama musim panas.

germany-gdp-growth

Tingkat pertumbuhan keseluruhan untuk 2016 telah dikonfirmasi di 1,9 persen, yang merupakan tingkat terkuat dalam setengah dekade.

Tingkat pertumbuhan PDB kuartalan untuk kuartal ketiga direvisi turun menjadi 0,1 persen dari 0,2 persen dan tingkat untuk kuartal kedua direvisi naik menjadi 0,5 persen dari 0,4 persen, data menunjukkan.

Pada tahun ini, ekonomi Jerman tumbuh 1,2 persen disesuaikan pada kuartal keempat dan 1,7 persen disesuaikan hari kerja, data menunjukkan.

Kenaikan konsumsi Jerman diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2017, meskipun rebound yang kuat pada inflasi berarti konsumen akan memiliki lebih sedikit uang untuk dibelanjakan daripada tahun-tahun sebelumnya.

Untuk 2017, pemerintah Jerman mengharapkan pertumbuhan lebih lemah dari 1,4 persen karena hari kerja lebih sedikit dan ekspor lemah.

Harga konsumen, diselaraskan untuk membandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, naik 1,9 persen pada tahun ini pada bulan Januari, data yang terpisah dirilis pada Selasa menunjukkan.

Ini adalah tingkat inflasi tahunan tertinggi sejak Juli 2013.

Secara non-harmonis, inflasi harga konsumen untuk Januari juga dikonfirmasi dengan indeks nasional naik 1,9 persen dari tahun sebelumnya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here