Dollar AS Kepayahan Pangkas Kekuatan Aussie

363

Diantara rival utama dollar AS yang menguat sendiri pada perdagangan forex hari kedua pekan ini (14/2) yaitu aussie dollar dalam pair AUDUSD. Tampak aussie dollar yang bertahan kuat dari tekanan bullish dollar AS dikarenakan sudah banyaknya kekuatan yang dihimpun pair AUDUSD sejak awal sesi.

Beberapa sentimen yang memberi kekuatan besar bagi aussie sehingga tidak cukup bagi dollar AS memangkasnya yaitu rilis data inflasi Tiongkok yang meningkat, naiknya harga komoditas seperti minyak mentah, emas, tembaga dan bijih besi. Harga minyak mentah masih bertahan kuat oleh sentimen pemangkasan produksi anggota OPEC.

Lihat: Harga Minyak Mentah Naik; Keuntungan Dikurangi Kekuatan Dollar AS

Setelah ditutup dengan bullish pada 0.7661, pergerakan kurs aussie  sesi Asia (08:10:46 WIB)  kembali menunjukkan pergerakan kuat terhadap dollar AS  setelah  dibuka flat pada   0.7661  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  kurs  aussie kini bergulir  pada posisi 0.7667. Kekuatan yang didapat aussie pagi ini dari rilis data sentimen konsumen berdasarkan survey Westpac yang menunjukkan skor yang lebih tinggi dari periode sebelumnya.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center melihat pair AUDUSD dapat terkoreksi jika harga minyak mentah terpangkas oleh meningkatnya produksi minyak shale AS.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here