Harga Emas Naik Terdukung Kemunduran Dollar AS

664

Harga Emas berakhir naik pada akhir perdagangan Kamis dinihari (16/02) setelah dolar mundur, mengurangi sebagian dari keuntungannya.

Sebelumnya emas jatuh setelah inflasi AS yang kuat melebihi perkiraan dan penjualan ritel pada Rabu menambahkan ekspektasi jangka pendek kenaikan suku bunga AS, mendorong dolar ke level tertinggi satu bulan. Namun akhirnya mundur akibat profit taking.

Indeks dolar turun 0,08 persen untuk hari itu, di $ 101,17.

Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen mengatakan pada hari Selasa bahwa menunda kenaikan suku bunga bisa meninggalkan komite kebijakan The Fed di belakang kurva.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena ini meningkatkan biaya kesempatan memegang emas, sementara dolar meningkat.

Harga emas spot awalnya turun karena dolar naik, tapi masuk ke wilayah positif kemudian di pagi hari.

Harga emas spot naik 0,23 persen pada $ 1,231.01.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman April naik US $ 7,70 untuk berakhir di $ 1,233.10.

Saham Dunia mencapai puncak 21-bulan setelah Yellen mensinyalkan kemungkinan kenaikan suku bunga bulan depan, sementara dolar mencapai puncak satu bulan setelah data kuat dari perkiraan mendukung pandangan kenaikan dalam pertumbuhan ekonomi AS.

Emas terbesar di dunia yang didukung ETF, SPDR Gold Shares, mengatakan kepemilikannya tidak berubah pada hari Selasa. Meskipun telah melihat arus masuk dari 18 ton sepanjang tahun ini, yang jauh di bawah laju kenaikan tahun lalu, yang melihat arus masuk dari 69 ton pada periode yang sama.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,16 persen pada $ 17,92 per ons, dari sesi sebelumnya tiga bulan dari $ 18,07.

Paladium dan platinum keduanya naik, dengan paladium mendapatkan 0,95 persen pada $ 786,35 per ons dan platinum perdagangan naik 0,13 persen menjadi $ 1,001.75.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut. Dukungan harga juga datang dari ketidakpastian kondisi politik di Eropa. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,233 – $ 1,235, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Support 1,229 – $ 1,227.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here