Ekspor Awal Tahun Jepang Melambat, Perdagangan Defisit

576

Ekspor Jepang melambat pada bulan Januari dari bulan sebelumnya karena penurunan pengiriman ke AS dan liburan Tahun Baru Imlek dan kekhawatiran tentang proteksionisme perdagangan.

Ekspor pada Januari naik 1,3 persen dari periode yang sama tahun lalu, kurang dari perkiraan median untuk peningkatan tahunan 4,7 persen dan lebih lambat dari 5,4 persen peningkatan tahun-ke-tahun pada bulan Desember. Ini adalah bulan kedua dalam ekspor berturut-turut telah tumbuh, menyusul 14 bulan berturut-turut kontraksi.

japan-exports

Sementara itu, impor ke dalam perekonomian terbesar ketiga di dunia membukukan kenaikan pertama mereka sejak Desember 2014 karena harga minyak naik setelah Organisasi perjanjian Negara Pengekspor Minyak pada tahun lalu untuk memotong produksi.

Pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat di Amerika Serikat menunjukkan penurunan ekspor AS -Jepang bisa bersifat sementara, tapi janji berulang Presiden AS Donald Trump untuk menarik kembali dari perdagangan bebas telah menyuarakan keprihatinan bahwa proteksionisme akan menyebar.

Peningkatan ekspor dan impor nomor didorong sebagian oleh harga perdagangan kuat, memberikan gambaran yang lebih beragam pada volume, yang lemah di antara beberapa kelas produk.

Ekspor naik pada bulan Januari karena pengiriman yang lebih tinggi dari bahan bakar, suku cadang mobil dan baja, namun penurunan ekspor otomotif berkontribusi terhadap laju pertumbuhan lebih lambat, Data Departemen Keuangan menunjukkan, Senin.

Ekspor Jepang ke AS turun 6,6 persen pada Januari dari tahun lalu, karena pengiriman yang lebih sedikit dari mobil dan suku cadang elektronik.

Surplus perdagangan Jepang dengan Amerika Serikat jatuh 26,6 persen tahunan ke 399300000000 ¥ ($ 3540000000), menyusul penurunan tahunan 5,1 di bulan sebelumnya.

Jika surplus perdagangan dengan Amerika Serikat mulai naik lagi, itu bisa menjadi titik nyala setelah Trump disisihkan Jepang, Tiongkok dan Jerman untuk ekspor tinggi ke pasar AS.

Ekspor ke Tiongkok, mitra dagang terbesar Jepang, naik 3,1 persen tahun-ke-tahun pada bulan Januari, lebih lambat dari kenaikan tahunan 12,4 persen pada bulan sebelumnya sebagai pabrik memperlambat produksi sebelum liburan Tahun Baru Imlek.

japan-balance-of-trade

Impor naik 8,5 persen pada tahun ini sampai Januari, lebih cepat dari perkiraan median untuk peningkatan tahunan 4,7 persen. Yang menandai kenaikan pertama dalam lebih dari dua tahun karena lonjakan impor minyak mentah dari Arab Saudi dan batubara dari Australia, data menunjukkan.

Neraca perdagangan datang ke defisit 1,09 triliun yen versus estimasi median untuk defisit ¥ 636.800.000.000.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here