Indeks Shanghai 21 Februari Bergerak Naik Terdukung Optimisme Ekonomi

396
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (21/02), Indeks Shanghai dibuka positif, saat ini terpantau naik tipis 1,97 poin atau 0,06 persen menjadi 3241.93. Pergerakan naik bursa Shanghai terdukung sentimen optimis pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Ekonomi Tiongkok tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata 10 persen dari tahun 1979 sampai 2010. Dengan negara bergeser dari pertumbuhan ekonomi didorong ekspor menjadi ekonomi didukung oleh konsumen dalam negeri, pertumbuhan cenderung terus rendah sejak 2010.

Namun sementara pertumbuhan lebih lambat sedang berlangsung, bank investasi AS Morgan Stanley mengatakan dalam sebuah laporan 118-halaman menyatakan pendapatan meningkat.

Pendapatan per kapita Tiongkok sekarang 8.100 dolar AS, menurut Bank Dunia. Laporan itu mengatakan angka tersebut diperkirakan perlu melewati 12.500 dolar untuk mencapai status berpenghasilan tinggi pada 2027 dan keluar dari kondisi pendapatan menengah.

Pendapatan yang lebih tinggi membawa konsumsi yang lebih tinggi, laporan itu, memperkirakan pasar konsumen swasta Tiongkok akan mencapai 9,6 triliun dolar AS pada tahun 2030 dan bekontribusi untuk 47 persen dari PDB.

Lihat : Laporan Morgan Stanley Optimiskan Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai berpotensi naik dengan optimisme ekonomi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here