Optimisme Bisnis Jerman Rebound di Februari

657

Kepercayaan bisnis Jerman secara tak terduga meningkat, mendasari prediksi Bundesbank bahwa pertumbuhan ekonomi menguat pada awal tahun ini.

Indeks iklim bisnis Ifo institute yang berbasis di Munich naik ke 111 pada Februari dari revisi 109.9 pada bulan Januari. Angka ini naik dibandingkan dengan estimasi median dari 109,6 dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom.

germany-business-confidence

Ekonomi Jerman tumbuh pada laju tercepat dalam lima tahun pada tahun 2016 dan diperkirakan akan terus mendorong pertumbuhan di kawasan euro 19 negara bahkan di tengah kekhawatiran bahwa peristiwa politik, mulai dari kebijakan ekonomi AS hingga Brexit dan pemilihan presiden Prancis, bisa menghalangi momentum.

Di Bank Sentral Eropa, anggota Dewan Eksekutif Peter Praet mempertimbangkan “sinyal yang didapatkan dari AS” sebagai mengkhawatirkan. Sementara calon presiden Prancis Marine Le Pen telah berjanji melaksanakan referendum pada hubungan negaranya dengan Uni Eropa jika dia terpilih, Inggris diperkirakan akan memicu Pasal 50 untuk meninggalkan blok pada akhir bulan depan.

Bundesbank mengatakan dalam laporan bulanannya menyimpulkan bahwa pertumbuhan kuat pada kuartal pertama tahun ini.

Namun, negara menghadapi ketidakpastian politik sendiri, dengan pemungutan suara nasional yang dijadwalkan 24 September dimana Kanselir Angela Merkel menghadapi lawannya partai Sosial Demokrat yang telah menguat dalam jajak pendapat baru-baru ini.

Sebuah ukuran kondisi ekonomi saat ini naik menjadi 118,4 dari 116,9, menurut Ifo. Indeks harapan meningkat menjadi 104 dari 103,2.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here