Pertumbuhan Ekonomi Q4 Inggris Raya Meningkat Tertinggi 1 Tahun

577

Ekonomi Inggris Raya tumbuh lebih cepat dari perkiraan sebelumnya pada kuartal akhir 2016, demikian Kantor Statistik Nasional mengatakan hari Rabu (22/02), dengan belanja konsumen tangguh dan ekspor naik mengimbangi penurunan investasi bisnis.

Produk domestik bruto diperluas oleh 0,7% pada kuartal dalam tiga bulan terakhir tahun 2016, lebih tinggi 0,1 poin daripada yang diperkirakan sebelumnya. Kenaikan ini merupakan hasil tertinggi dalam satu tahun.

united-kingdom-gdp-growth

Angka pertumbuhan triwulanan ini sejalan dengan ekspektasi para analis yang disurvei oleh The Wall Street Journal. Namun, angka pertumbuhan tahunan direvisi turun menjadi 1,8%, sebagai data baru menunjukkan bahwa ekonomi melemah pada awal tahun ini.

“Secara keseluruhan, sektor jasa terus tumbuh dominan, karena melanjutkan pertumbuhan belanja konsumen, meskipun ritel menunjukkan beberapa tanda kelemahan,” kata Darren Morgan, kepala ONS dari PDB.

Belanja modal Perusahaan Inggris menurun 1,0% pada periode Oktober-Desember dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, ONS mengatakan, menunjukkan bahwa kecemasan Brexit dapat mempengaruhi beberapa bisnis.

Bisnis investasi mencapai 43,5 miliar pound ($ 54,1 miliar), turun 0.5 miliar pound pada kuartal sebelumnya, sebagai bisnis mengekang pengeluaran teknologi informasi dan komunikasi, peralatan, mesin dan transportasi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here