Pertumbuhan Ekonomi Jerman Q4 Naik Empat Kali Lipat

596

Pertumbuhan Ekonomi Jerman naik empat kali lipat menjadi 0,4 persen pada kuartal keempat 2016 terdukung belanja negara yang lebih tinggi, peningkatan konsumsi swasta dan konstruksi, mengimbangi penurunan perdagangan luar negeri, data menunjukkan pada hari Kamis (23/02).

Mengkonfirmasikan pembacaan awal untuk pertumbuhan, Kantor Statistik Federal mengatakan ekspor meningkat 1,8 persen pada kuartal dan impor naik 3,1 persen, yang berarti perdagangan luar negeri neto mengurangi 0,4 poin persentase dari pertumbuhan produk domestik bruto (PDB).

germany-gdp-growth

Belanja negara melonjak 0,8 persen, berkontribusi 0,2 persen untuk pertumbuhan. Pemerintah Jerman menghabiskan miliaran euro untuk menampung dan mengintegrasikan lebih dari satu juta pengungsi yang telah tiba sejak awal 2015, banyak dari zona perang seperti Suriah dan Irak.

Pengeluaran rumah tangga naik 0,3 persen pada kuartal tersebut, juga menambahkan 0,2 persen terhadap PDB dalam tiga bulan sampai Desember. Konsumen mendapatkan manfaat dari rekor tinggi kerja, meningkatnya upah riil dan biaya pinjaman rendah.

Investasi dalam konstruksi meningkat 1,6 persen pada kuartal keempat, menambahkan 0,2 persen pertumbuhan. Populasi Jerman tumbuh, meningkatkan keamanan kerja dan suku bunga rekor rendah yang memicu ledakan properti.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here