Bursa Shanghai Akhir Pekan Naik Tipis; Mingguan Melonjak 1,6 Persen

807

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (24/02), indeks Shanghai berakhir datar, naik tipis 1,66 poin atau -0,05%, ke 3253.03. Bursa Saham Tiongkok yang sebagian besar tidak berubah pada hari Jumat, membalikkan penurunan sebelumnya, karena harapan reformasi mendukung pasar, dengan indeks utama naik untuk ketiga minggu berkat perbaikan resiko.

Untuk minggu ini, indeks Shanghai malonjak 1,6 persen. Kenaikan mingguan terdorong terbukanya investasi dana pensiun dan kinerja positif saham-sahamnya seperti saham bahan dan konsumen.

Indeks utama turun untuk sebagian besar hari dengan kemerosotan saham sumber daya, namun membalikkan kerugian di sore hari setelah perusahaan milik negara melonjak di tengah harapan reformasi, dengan saham China United Network Communications maju 8,1 persen ke 6-minggu tinggi.

Direktur regulator aset negara Tiongkok Xiao Yaqing mengatakan Jumat bahwa negara harus memperdalam lebih lanjut kepemilikan campuran dan sisi penawaran reformasi, pejabat Shanghai Securities News melaporkan.

Analis menyatakan sentimen pasar tetap optimis dan tren belum rusak. Diperkirakan Kongres Rakyat Nasional yang akan datang, dan musim pendapatan kuartal pertama akan membuat investor bersemangat.

Mencerminkan meningkatnya risk appetite, pinjaman marjin Tiongkok yang beredar telah meningkat selama empat hari berturut-turut melebihi 900 miliar yuan ($ 131,00 miliar), karena investor tampak lebih bersedia untuk menggunakan uang pinjaman untuk membeli saham.

Sektor Bank jatuh 0,3 persen, karena berita dari Guo Shuqing, Gubernur Provinsi Shandong, China timur, menjadi regulator perbankan baru Tiongkok menambah ketidakpastian untuk sektor menghadapi tekanan deleveraging yang meningkat.

Kinerja sektor dicampur. Kerugian dipimpin oleh saham-saham material, sementara saham transportasi berdiri keluar dengan keuntungan 1,8 persen.

Malam nanti akan dirilis data New Home Sales Januari AS yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif jika bursa Wall Street terealisir naik. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3161-3066, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3337-3419.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here