Bursa Eropa Akhir Pekan Merosot, Membawa Hasil Mingguan di Zona Merah

301

Bursa Eropa mengakhiri sesi akhir pekan Jumat (24/02) pada catatan negatif, karena penurunan komoditas dan laporan laba di bawah perkiraan membebani sentimen investor.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 selesai 0,76 persen lebih rendah, dengan mayoritas sektor menunjukkan merah pada penutupan pasar. Untuk minggu ini  STOXX 600 ditutup turun tipis 0,06 persen.

Indeks FTSE berakhir pada 7.243,70, turun -27,67 poin atau -0,38%. Untuk minggu ini indeks melemah -0,78 persen.

Indeks DAX berakhir pada 11.804,03, turun -143,80 poin atau -1,20%. Untuk minggu ini indeks menurun -0,91 persen.

Indeks CAC berakhir pada 4.845,24, turun -46,05 poin atau -0,94%. Untuk minggu ini indeks turun -0,56 persen.

Indeks IBEX 35 berakhir pada 9.453,50, turun -39,90 poin atau -0,42%. Untuk minggu ini indeks turun -0,32.

Untuk minggu ini indeks-indeks utama bursa Eropa negatif, sebagian besar akibat buruknya laporan laba emiten.

Sektor sumber daya dasar terseret sentimen pada hari Jumat, tenggelam 2 persen ke bawah. Raksasa pertambangan Rio Tinto dan BHP Billiton turun sekitar 3 persen masing-masing, dengan penambang lainnya juga di bawah performa pada penutupan. Namun emas mencapai tertinggi 3,5 bulan pada perdagangan Jumat.

Menempel dengan komoditas, kontraktor minyak Saipem membukukan laba kuartal keempat di bawah perkiraan dalam laporan laba dan kemudian tenggelam ke bawah STOXX 600, berakhir turun 6,8 persen.

Brent dan minyak mentah AS menunjukkan tanda-tanda kelemahan, diperdagangkan pada $ 56,09 dan $ 54,04 pada penutupan pasar, sebagai data mengungkapkan bahwa persediaan minyak mentah AS naik untuk minggu ketujuh berturut-turut.

Yang terbaru dari laba musim menunjukkan bahwa BASF, kelompok bahan kimia terbesar dunia dalam hal penjualan, melaporkan 6 persen penurunan laba sebelum pajak pada tahun 2016. Saham tergelincir hampir 3 persen.

Sementara itu, perusahaan hiburan digital Prancis Vivendi turun hampir 4 persen setelah mengecewakan analis dengan angka terbaru. Ketua kelompok Vincent Bollore dilaporkan sedang diselidiki oleh jaksa Milan untuk dugaan manipulasi pasar mengenai bangunan grup di penyiar Italia Mediaset, Reuters melaporkan mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Duduk di dekat bagian bawah sektor perbankan Eropa adalah pemberi pinjaman U.K RBS, yang mengumumkan rugi bersih sebesar $ 8700000000 untuk 2016 – tahun kesembilan berturut tanpa keuntungan. Saham anjlok 4,5 persen.

Namun semua itu tidak hilang pada sisi pendapatan, dengan Pearson dan Ingenico Grup berakhir naik tajam setelah pendapatan datang sejalan atau di atas ekspektasi.

Di depan data, kepercayaan konsumen Perancis lebih tinggi dari sembilan tahun pada bulan Februari untuk bulan kedua berturut-turut, Reuters melaporkan, mengutip data dari lembaga statistik resmi INSEE.

Sore nanti akan dirilis data ekonomi dari zona Eropa yaitu Business Confidence, Consumer Confidence, Economic Sentiment yang diindikasikan mixed.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak mixed jika data ekonomi mixed. Namun juga akan mencermati laporan laba perusahaan, data ekonomi, kondisi politik, pergerakan bursa Wall Street, serta harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here