Optimisme Ekonomi Zona Eropa Membaik Bulan Februari

659

Keyakinan ekonomi zona Eropa membaik seperti yang diharapkan pada bulan Februari, demikian hasil survei dari Komisi Eropa hari Senin (27/02).

Indeks sentimen ekonomi naik sedikit ke 108,0 di Februari dari 107,9 di Januari. Pembacaan datang sesuai dengan harapan.

euro-area-economic-optimism-index

Secara luas sentimen datar dihasilkan dari keyakinan industri, jasa dan konstruksi yang lebih tinggi di satu sisi, dan kepercayaan konsumen dan perdagangan yang lebih rendah di sisi lain.

Indeks kepercayaan industri datang di 1,3 bulan Februari dibandingkan 0,8 di bulan sebelumnya. Angka tersebut diperkirakan meningkat cukup untuk 1.

Peningkatan kepercayaan industri terjadi karena penilaian manajer yang lebih optimis saat ini untuk pesanan secara keseluruhan, sementara ekspektasi produksi mereka dan penilaian mereka tentang persediaan produksi jadi memburuk.

Indeks kepercayaan jasa naik menjadi 13,8 dari 12,8, didorong oleh penilaian manajer secara signifikan lebih cerah pada permintaan masa lalu, dan pada tingkat lebih rendah, situasi bisnis dan permintaan harapan masa lalu.

Sementara itu, indikator sentimen konsumen menurun ke -6,2, sejalan dengan perkiraan awal, dari -4,8 pada bulan Januari. Penurunan tercermin dari penilaian yang lebih negatif dari situasi ekonomi secara umum di masa depan, pengangguran masa depan dan situasi keuangan rumah tangga di masa depan.

Sementara indeks kepercayaan perdagangan ritel turun menjadi 1,9 dari 2,3, indikator untuk konstruksi naik menjadi -10,3 dari -12,9.

Survei lain dari Uni Eropa menunjukkan bahwa indeks kepercayaan bisnis meningkat menjadi 0,82 pada Februari dari 0,76 pada bulan sebelumnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here