Bursa Eropa 28 Februari Bergerak Mixed Menantikan Pidato Trump

307

Bursa saham Eropa bergerak mixed pada perdagangan Selasa (28/02) dengan investor menantikan pidato Presiden AS Donald Trump terkait rincian tentang reformasi pajak di AS.

Indeks FTSE bergerak pada 7.253,38, naik 0,38 poin atau 0,01%

Indeks DAX bergerak pada 11.818,92, turun -3,75 poin atau -0,03%

Indeks CAC bergerak pada 4.849,44, naik 4.26 poin atau 0,09%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 9.490,80, naik 26.50 poin atau 0,28%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 melayang-layang di sekitar garis datar, 0,02 persen lebih rendah, dengan saham sumber daya dasar jatuh paling dalam. Namun, saham konstruksi dan bahan bergerak lebih tinggi di penawaran pertengahan pagi, naik 0,4 persen, pada berita pendapatan.

Perusahaan pertahanan dan energi Inggris Meggitt berada di atas patokan Eropa, melompat 9 persen, setelah mengumumkan peningkatan pendapatan untuk 2016. Perusahaan Spanyol Ferrovial juga melonjak 4 persen dalam perdagangan tengah hari setelah menyajikan hasil setahun penuh.

Pada ujung yang lain, harga perbandingan platform Moneysupermarket Group turun lebih dari 5 persen mengingat bahwa pendapatan untuk 2017 berjalan di belakang tahun lalu, Reuters melaporkan. Dalam penawaran awal jatuh lebih dari 12 persen. St James Place juga telah pulih setelah jatuh hampir 6 persen pada awal perdagangan menyusul berita bahwa CEO David Bellamy akan mundur.

Sementara itu, Prancis Thales sedikit lebih tinggi setelah membukukan peningkatan pendapatan.

Pembangun rumah Inggris Taylor Wimpey mengumumkan kenaikan 22 persen laba sebelum pajaknya 2016. Sahamnya bergerak sedikit lebih rendah setelah kenaikan di awal sesi.

Investor juga mengamati perkembangan pidato Presiden AS Donald Trump di hadapan Kongres dan diharapkan memberikan rincian detail termasuk rencananya untuk reformasi pajak dan belanja infrastruktur.

Dalam data ekonomi, angka terbaru inflasi Perancis menunjukkan penurunan kecil untuk 1,2 persen pada tahun ini pada bulan Februari setelah mencapai 1,3 persen di bulan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan menguat jika pidato Trump memberikan optimisme pertumbuhan ekonomi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here