Bursa Shanghai Akhir Bulan Positif, Bulan Februari Melonjak 2,6 Persen

411

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Selasa (28/02), indeks Shanghai berakhir naik 13,99 poin, atau 0,43 persen, pada 3,242.65. Bursa Saham Tiongkok naik pada Selasa dalam perdagangan tipis karena kehati-hatian setelah berbulan-bulan mendekati puncak indeks utama akhir November, sebagai resistensi teknis utama.

Aktivitas di sektor manufaktur Tiongkok kemungkinan tumbuh sederhana untuk bulan ketujuh berturut-turut pada bulan Februari karena harga sumber memperpanjang reli yang cepat, sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan.

Namun, beberapa investor telah tumbuh semakin hati-hati, karena Beijing bergeser menuju kebijakan moneter ketat dan memperkuat peraturan pasar.

Sebuah jajak pendapat Reuters bulanan menunjukkan fund manager Tiongkok telah memangkas proyeksi ekuitas untuk tiga bulan ke depan, sementara merekomendasikan proyeksi obligasi yang lebih tinggi.

Fund manager berbasis di Shanghai mengatakan ia berharap sedikit pergerakan indeks dengan sebagian besar peserta tidak pasti tentang tren masa depan.

Fund manager merekomendasikan untuk mengumpulkan saham di sektor keuangan dan sektor siklis, seperti logam dan mesin, yang mengambil manfaat dari lonjakan bangunan.

Untuk hari ini, kinerja sektor dicampur. Kenaikan dipimpin oleh saham infrastruktur.

Wang Wei, pendiri dan pemegang saham utama S.F. Holding Co Ltd, telah melampaui Tencent Holdings Ltd Ma Huateng untuk menjadi orang ke-4 terkaya di negara itu, setelah saham perusahaannya melonjak hampir 70 persen hanya dalam waktu enam hari perdagangan.

Indeks Shanghai naik 2,6 persen pada bulan Februari. Kenaikan indeks bulan ini sebagian besar terdukung dibukanya investasi dana pensiun. Kenaikan juga didukung kinerja positif sektor saham, yaitu sektor Infrastruktur, Keuangan dan Bahan Bangunan. Juga menguatnya harga komoditas mendukung indeks.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif dengan kebijakan pemerintah Tiongkok untuk memperkuat ekonomi. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3147-3062, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3327-3430.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here