Produksi Industri Januari Jepang Retreat

605

Pembacaan awal pertumbuhan produksi industri Jepang turun pada bulan Januari untuk pertama kalinya dalam empat bulan, memberikan gambar campuran reboundnya manufaktur negara itu.

Produksi industri turun 0,8%% dibandingkan Desember, menyusul Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri mengatakan dalam sebuah laporan awal pada hari Selasa. Analis dalam estimasi median menyerukan keuntungan sebesar 0,4%. Tingkat pertumbuhan Desember direvisi naik menjadi 0,7% awal bulan ini dari perkiraan awal 0,5%.

japan-industrial-production-mom

Dalam hal tahunan, produksi industri naik 3,2%, data resmi menunjukkan.

Pengiriman turun 0,4% dari bulan sebelumnya, namun naik 3,5% tahun-ke tahun. Persediaan tidak berubah pada bulan Januari, tapi naik 3,5% dari tahun lalu.

Pemerintah Jepang akan merilis angka produksi industri akhir bulan depan.

Laporan Selasa akan datang sebagai kejutan bagi banyak pelaku pasar, yang telah menyaksikan sektor manufaktur Jepang secara bertahap menambah kecepatan dalam beberapa bulan terakhir. Pekan lalu, Markit / Nikkei mengatakan pabrik negara itu naik pada bulan Februari di laju tercepat dalam hampir tiga tahun, suatu tanda bahwa permintaan internasional membaik. Data survei menunjukkan bahwa industri telah dalam mode ekspansi untuk enam bulan terakhir.

Tanda-tanda membaik permintaan luar negeri juga diamati dalam laporan GDP kuartalan Tokyo, yang rilis dua minggu yang lalu. Produk domestik bruto Jepang (PDB) tumbuh pada kecepatan 0,2% sedikit di bulan Oktober-Desember., meskipun ekspor tumbuh pada tingkat tercepat dalam dua tahun. Kenaikan tajam dalam penjualan internasional sebagian mencerminkan penurunan tajam dalam yen pada kuartal tersebut.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here