Bursa Hong Kong 1 Maret Berakhir Naik Terbantu Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok

591
indeks hang seng

Di akhir perdagangan bursa Hong Kong Rabu (01/03), indeks Hang Seng ditutup naik 35,76 poin, atau 0,15 persen pada 23776.49. Bursa Saham Hong Kong naik lebih tinggi berhasil bangkit dari kekalahan beruntun empat hari, didukung oleh peningkatan pertumbuhan manufaktur Tiongkok.

Pertumbuhan manufaktur Tiongkok meningkat pada bulan Februari karena pesanan ekspor naik, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Rabu (01/03).

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) naik menjadi 51,7 pada penyesuaian musiman, naik dari 51,0 pada bulan Januari dan mengalahkan perkiraan analis 50,8.

Indeks manufaktur resmi Pembelian Manajer (PMI) Tiongkok naik menjadi 51,6 pada Februari, mengalahkan tingkat 51,1 yang diharapkan, dan 51,3 pada bulan Januari, Reuters melaporkan pada hari Rabu, sementara sektor jasa Tiongkok sedikit melambat di bulanan.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Februari Tiongkok Meningkat

Analis mengatakan pasar Hong Kong mendapat keuntungan dari laporan ekonomi daratan Tiongkok, tetapi keuntungan terbatas setelah pidato Presiden Donald Trump untuk Kongres Amerika Serikat memberikan optimisme ekonomi AS.

Lihat : Pidato Optimis Ekonomi Trump : Reformasi Pajak, Infrastruktur, Proteksi, Deregulasi

Pada akhir perdagangan sebagian besar sektor menguat, dengan saham jasa memimpin keuntungan, naik 2,1 persen.

Operator kasino Macau, Sands China dan Galaxy Entertainment Group Ltd melonjak masing-masing sekitar 3,7 persen dan 5,4 persen, sebagai pendapatan perjudian mencapai tertinggi dua tahun pada bulan Februari.

Sedangkan indeks Hang Seng berjangka terpantau naik 40,00 poin atau 0,17 persen, pada 23,833.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 23,793.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan menguat dengan pidato Trump memberikan optimisme pertumbuhan ekonomi dan menguatkan bursa Wall Street. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 23,346-22,885, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 24,314-24,816.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here