Pertumbuhan Manufaktur Februari Tiongkok Meningkat

710

Pertumbuhan manufaktur Tiongkok meningkat pada bulan Februari karena pesanan ekspor naik, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Rabu (01/03).

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) naik menjadi 51,7 pada penyesuaian musiman, naik dari 51,0 pada bulan Januari dan mengalahkan perkiraan analis 50,8.

china-manufacturing-pmi

Pertumbuhan produksi dan pesanan baru keduanya dipercepat dari bulan Januari, tapi berada di bawah tingkat Desember, sementara persediaan barang jadi jatuh lagi dan harga input meningkat di laju paling lambat dalam empat bulan.

Sektor manufaktur Tiongkok telah melihat pemulihan sejak semester kedua tahun lalu sebagai pasar perumahan booming dan belanja infrastruktur pemerintah mendorong pembangunan dan sebagai bank memperpanjang sejumlah rekor kredit.

Ekspor sekarang juga menunjukkan tanda-tanda meningkat, setelah Tiongkok tertinggal dari negara-negara utama Asia lainnya yang telah melihat rebound dalam pengiriman asing dalam beberapa bulan terakhir.

PMI Caixin sub-indeks untuk pesanan ekspor baru naik ke 53,8, dibandingkan dengan 52,9 pada bulan Januari dan tingkat pertumbuhan tertinggi sejak September 2014.

Ekspor Januari Tiongkok mengalahkan ekspektasi, memperkuat pandangan bahwa permintaan global membaik, tetapi prospek perdagangan sedang terbatas oleh kekhawatiran tentang dampak meningkatnya proteksionisme perdagangan AS bisa saja menekan pada eksportir terbesar di dunia.

Pabrik terus menghadapi tajam kenaikan biaya input, meskipun laju inflasi ditarik kembali lebih jauh dari 69 bulan tertinggi di Desember. Tapi perusahaan hanya mampu meneruskan bagian dari harga naik untuk pelanggan mereka.

Indeks manufaktur resmi Pembelian Manajer (PMI) Tiongkok naik menjadi 51,6 pada Februari, mengalahkan tingkat 51,1 yang diharapkan, dan 51,3 pada bulan Januari, Reuters melaporkan pada hari Rabu, sementara sektor jasa Tiongkok sedikit melambat di bulanan.

china-business-confidence

Indeks resmi non-manufaktur PMI, atau jasa, berdiri di 54,2 pada bulan Februari, dibandingkan dengan pembacaan bulan sebelumnya sebesar 54,6, Reuters mengatakan, dengan di atas batas 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here