Pidato Optimis Ekonomi Trump : Reformasi Pajak, Infrastruktur, Proteksi, Deregulasi

1082

Presiden AS Donald Trump berpidato di hadapan Kongres AS pagi ini Rabu (01/03), dan sesuai perkiraan, Trump menekankan reformasi pajak dan pembangunan infrastruktur untuk memajukan ekonomi Amerika Serikat.

Trump menyampaikan latar belakang perlunya AS kembali memperkuat ekonominya. Beberapa poin yang Trump sampaikan yang menjadi latar belakang pendorong tujuannya meningkatkan ekonomi AS.

  • 94 juta orang Amerika keluar dari angkatan kerja.
  • Lebih dari 43 juta orang kini hidup dalam kemiskinan, dan lebih dari 43 juta orang Amerika yang kupon makanan.
  • Lebih dari 1 dari 5 orang di tahun perdana mereka tidak bekerja.
  • AS memiliki pemulihan keuangan terburuk dalam 65 tahun.
  • Dalam 8 tahun terakhir, pemerintahan masa lalu telah menempatkan utang lebih baru daripada hampir semua Presiden lainnya jika digabungkan.
  • AS telah kehilangan lebih dari seperempat dari pekerjaan manufaktur sejak NAFTA telah disetujui, dan telah kehilangan 60.000 pabrik sejak Tiongkok bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia pada tahun 2001.
  • Defisit perdagangan barang dengan dunia tahun lalu adalah hampir $ $ 800 miliar.
  • Dan luar negeri, AS telah mewarisi serangkaian bencana kebijakan luar negeri yang tragis.

Reformasi Pajak

Untuk mengatasi hal tersebut Trump menyatakan : “…untuk mencapai tujuan kami di dalam dan di luar negeri, kita harus me-restart mesin ekonomi Amerika – sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan bisnis di Amerika Serikat, dan jauh lebih sulit bagi perusahaan untuk meninggalkan AS.

Menurut Trump saat ini, perusahaan-perusahaan Amerika yang dikenakan pajak pada salah satu tingkat tertinggi di mana saja di dunia.

Untuk itu Trump menyatakan tim ekonominya sedang mengembangkan reformasi pajak bersejarah yang akan mengurangi tingkat pajak atas perusahaan AS sehingga mereka bisa bersaing dan berkembang di mana saja dan dengan siapa saja. Pada saat yang sama, pemerintah akan memberikan keringanan pajak besar untuk kelas menengah.

Belanja Infrastruktur

Trump menyinggung Presiden Republik lain, Dwight D. Eisenhower, memprakarsai terakhir program infrastruktur nasional yang benar-benar hebat – pembangunan sistem jalan raya antar negara. Maka menurut trump waktunya telah tiba untuk program baru pembangunan nasional kembali.

AS telah menghabiskan sekitar enam triliun dolar di Timur Tengah, selama ini infrastruktur di dalam negeri justru runtuh. Trump menyatakan “Dengan sebesar enam triliun dolar kita bisa membangun kembali negara kita – dua kali. Dan bahkan mungkin tiga kali jika kita memiliki orang-orang yang memiliki kemampuan untuk bernegosiasi”

Untuk memulai pembangunan nasional kembali, Trump akan meminta Kongres untuk menyetujui undang-undang yang menghasilkan investasi $ 1 triliun infrastruktur Amerika Serikat, yang dibiayai melalui kedua modal publik dan swasta, yang menciptakan jutaan lapangan kerja baru. Upaya ini akan dipandu oleh dua prinsip inti: Beli Amerika, dan Sewa Amerika.

Kebijakan Proteksi

Trump jugamenyatakan harus membuat tingkat lapangan berkarya untuk perusahaan-perusahaan dan pekerja AS.

Menurut Trump saat ini, ketika mengirimkan produk dari Amerika, banyak negara lain membuat AS membayar tarif dan pajak sangat tinggi, tapi ketika perusahaan asing mengirimkan produk mereka ke Amerika, hampir tidak ada yang dikenakan.

Pada pertemuan dengan pejabat dan pekerja dari sebuah perusahaan besar Amerika, Harley-Davidson, mereka mengatakan kepada Trump bahwa mereka telah ditekan begitu lama dan sangat sulit untuk melakukan bisnis dengan negara-negara lain karena mereka mengenakan pajak barang-barang AS sangat tinggi. Mereka mengatakan bahwa dalam satu kasus negara lain dikenakan pajak sepeda motor mereka di 100 persen.

Untuk itu Trump menekankan dalam perdagangan bebas juga harus TRADE FAIR. Presiden Republik pertama, Abraham Lincoln, memperingatkan bahwa “meninggalkan kebijakan protektif oleh Pemerintah Amerika akan menghasilkan kehancuran di antara orang-orang kami.”

Untuk itu Trump tidak akan membiarkan Amerika dan perusahaan dan pekerja yang besar, dimanfaatkan lagi.

Deregulasi

Pemerintah Trump juga telah melakukan upaya bersejarah untuk secara besar-besaran mengurangi peraturan yang merusak pekerjaan, menciptakan deregulasi satgas dalam setiap instansi Pemerintah; memaksakan aturan baru yang mengamanatkan bahwa untuk setiap 1 peraturan baru, 2 peraturan lama harus dihilangkan; dan menghentikan peraturan yang mengancam masa depan dan mata pencaharian penambang batubara besar.

 

Pada pidato tersebut, Trump juga menyampaikan beberapa progress yang dilaksanakan pemerintahannya

  • Sejak pemilu, Ford, Fiat-Chrysler, General Motors, Sprint, Softbank, Lockheed, Intel, Walmart, dan banyak lainnya, telah mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan miliaran dolar di Amerika Serikat dan akan menciptakan puluhan ribu pekerjaan baru Amerika.
  • Pasar saham telah memperoleh hampir tiga triliun dolar dalam nilai sejak pemilu pada 8 November sebagai rekor.
  • Pemerintah Trump telah membuka jalan bagi pembangunan Pipa Keystone dan Dakota Access sehingga menciptakan puluhan ribu pekerjaan dan Trump sudah mengeluarkan instruksi baru untuk jaringan pipa Amerika baru dibuat dengan baja Amerika.
  • Amerika Serikat menarik diri dari Kemitraan Trans-Pasifik.

Dengan jelasnya kebijakan ekonomi yang Trump terapkan diperkirakan dapat memberikan dukungan bagi pasar AS, namun akan terus dicermati rincian dan tindaka lebih lanjut dalam kebijakan ekonomi Trump.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here