Harga Batubara Rotterdam ICE Naik 1 Persen Setelah Pidato Trump

473

Pada akhir perdagangan Kamis dinihari (02/03), harga batubara Rotterdam naik terdorong pernyataan Presiden AS Donald Trump untuk memperkuat industri batubara.

Dalam pidato di hadapan kongres AS Rabu pagi, Presiden Trump menyatakan akan menghidupkan kembali industri batubara dan baja Amerika yang sudah lama sakit, menjanjikan bahwa di bawah pemerintahannya industri sekarat akan hidup kembali.

Lihat : Pidato Optimis Ekonomi Trump : Reformasi Pajak, Infrastruktur, Proteksi, Deregulasi

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Maret 2017 berada di posisi 78,80 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,90 dollar atau setara dengan 1,16 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi lemah jika penguatan dollar AS terjadi dengan semakin meningkatnya harapan kenaikan suku bunga AS. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Support pada posisi 78,30 dollar dan Support kedua di level 77,80 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 79,30 dollar dan 79,80 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here