Pertumbuhan Manufaktur Februari AS Naik Terkuat Lebih 2 Tahun

500

Indeks ISM manufaktur AS menguat ke 57,7 untuk bulan Februari dari 56,0 pada bulan Januari. Angka ini di atas ekspektasi konsensus dari kenaikan marjinal menjadi 56,1 pada bulan tersebut dan pembacaan terkuat sejak akhir 2014.

Sebanyak 17 dari 18 industri manufaktur melaporkan pertumbuhan selama satu bulan dan empat pembacaan terakhir telah melewati ekspektasi konsensus.

united-states-business-confidence

Pesanan diperkuat lebih lanjut untuk 65,1 dari 60,4 pada bulan Januari sedangkan produksi meningkat menjadi 62,9 dari 61,4. Backlog rangka meningkat secara signifikan menjadi 57,0 dari 49,5 bulan sebelumnya.

Pemasok pengiriman terus melambat pada bulanan, meskipun indeks persediaan beringsut kembali di atas level 50,0, persediaan pelanggan tetap dalam kontraksi untuk bulanan.

Indeks kerja turun menjadi 54,2 dari 56,1, namun masih menunjukkan kenaikan bersih yang signifikan di bidang manufaktur payrolls untuk bulanan.

Indeks harga turun hanya sedikit untuk 68,0 untuk bulan Februari dari 69,0 yang masih menunjukkan tekanan ke atas pada harga.

Indeks ekspor menguat ke 55,0 dari 54,5 yang tidak menunjukkan kesulitan besar dari dolar yang kuat.

Rilis PMI daerah umumnya kuat untuk Februari dengan kekuatan penting dalam indeks Philadelphia Fed yang menguat ke level tertinggi selama 33 tahun. Indeks Chicago meningkat tajam dan ada bacaan yang kuat untuk laporan Richmond, New York dan Dallas.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here