AUDUSD Tambah Buruk Karena Data Tiongkok Mengecewakan

517

Perdagangan nilai mata uang negara Australia dengan dollar AS bertambah buruk pada perdagangan sesi Asia hari Jumat (3/3) setelah sebelumnya anjlok cukup parah hingga turun 1,6% oleh banyak sentimen. Sentimen negatif tersebut terus berlanjut dan bertambah setelah rilis data Caixin non manufacturing PMI Tiongkok menurun dari ekspektasi kenaikan sebelumnya.

Sentimen negatif sebelumnya selain dari momentum rally kuat dollar AS juga buruknya data neraca perdagangan bulan Januari serta anjloknya harga minyak mentah cukup signfikan sampai membuat harga komoditas unggulan mereka ikut anjlok.

Sentimen negatif dari rilis data ekonomi Tiongkok sangat kuat sampai-sampai rebound harga minyak mentah pada sesi Asia tidak mampu membalikkan kerugian yang dialami pair AUDUSD. Selain itu tekanan dari sentimen tersebut membuat aussie terjun bebas ke posisi terendah dalam kurang lebih 1 bulan terhadap dollar AS.

Pergerakan kurs aussie  sesi Asia (09:00:46 WIB)  bergerak lemah terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah   pada   0.7570  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  kurs  aussie kini bergulir  pada posisi 0.7543.

Untuk perdagangan selanjutnya, jika harga minyak mentah rally kuat maka sentimen negatif dari data Tiongkok ini dapat saja tidak berlanjut pada sesi Eropa dan juga Amerika malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here