Harga CPO 3 Maret Bergerak Lemah Tertekan Perlambatan Pertumbuhan Jasa Tiongkok

476

Harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan Jumat siang (03/03) bergerak lemah. Penurunan harga CPO malam ini terpicu perlambatan pertumbuhan sektor jasa Tiongkok.

Perlambatan pertumbuhan sektor jasa Tiongkok, memberikan sentimen negatif bagi permintaan dari Tiongkok.

Pertumbuhan sektor jasa Tiongkok berada di laju paling lambat dalam empat bulan pada bulan Februari, dengan bisnis baru masih tumbuh pada tingkat yang padat tetapi meningkatnya persaingan sehingga sulit bagi perusahaan untuk menaikkan harga, demikian sebuah survei swasta menunjukkan Jumat (03/03).

PMI jasa Februari merosot ke 52,6 pada bulan Februari secara musiman disesuaikan, dari 53,1 pada bulan Januari, demikian indeks Markit / Caixin layanan pembelian manajer (PMI) menunjukkan.

Lihat : Pertumbuhan Jasa Februari Tiongkok Turun Terendah 4 Bulan

Harga CPO kontrak paling aktif di bursa komoditas Malaysia hari ini tampak mengalami pelemahan. Harga kontrak Mei 2017 yang merupakan kontrak paling aktif melemah sebesar -20 ringgit atau -0,7 persen dan diperdagangkan pada posisi 2.842 ringgit per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya berpotensi turun dengan pelemahan data Tiongkok. Pergerakan harga juga bisa dipengaruhi oleh pergerakan mata uang Ringgit.

Harga CPO berjangka kontrak Mei 2017 di bursa komoditas Malaysia berpotensi menguji level Support pada posisi 2.790 ringgit dan 2.790 ringgit. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi penguatan ada pada posisi 2.890 ringgit dan 2.940 ringgit.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here