Yield Obligasi Amerika Cetak Rekor Tinggi Sejak 2009

643

Mengakhiri perdagangan forex sesi Amerika hari kedua bulan Maret, laju dollar AS berhasil mencapai posisi tertinggi dalam 8 pekan. Salah satu yang membuat tingginya dollar dipicu oleh naiknya imbal hasil obligasi Amerika Serikat hingga mencapai posisi tertinggi sejak tahun 2009 untuk tenor 2 tahun.

Yield obligasi 2 tahun AS naik ke posisi 1,32 persen, setelah itu untuk obligasi tenor 10 dan 30 tahun naik masing-masing ke 2,49 persen dan 3,08 persen. Sebagai informasi yield obligasi 2 tahun sangat sensitif dengan ekspektasi kenaikan Fed rate dan juga tingkat inflasi.

Naiknya imbal hasil obligasi Amerika Serikat ini terangkat oleh komentar hawkish pejabat tinggi atau salah satu gubernur Fed beberapa hari terakhir yang mensinyalkan kenaikan Fed rate terjadi pada pertemuan mereka bulan Maret ini. Dari semua komentar pejabat Fed tersebut menyatakan kenaikan suku bunga kali ini diprioritaskan.

Kenaikan imbal hasil obligasi ini juga memberikan sentimen negatif bagi perdagangan valas untuk yen Jepang dan juga perdagangan emas global yang sudah terjun ke posisi terendah dalam 2 pekan.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here