Bursa Hong Kong Berakhir Naik, Sentimen Suku Bunga AS dan Ketegangan Geopolitik Membatasi

565
Vibizmedia Photo

Di akhir perdagangan bursa Hong Kong Senin (06/03), indeks Hang Seng ditutup naik 43,56 poin, atau 0,18 persen pada 23596.28. Bursa Saham Hong Kong naik tipis pada hari Senin, dibantu oleh sentimen bullish tentang Tiongkok, tetapi kenaikan tertutupi oleh ekspektasi pertumbuhan dari kenaikan suku bunga AS minggu depan, dan meningkatnya ketegangan geopolitik di Asia.

Pasar saham tiongkok terangkat oleh lonjakan saham teknologi setelah Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menyatakan bahwa inovasi sebagai kunci untuk menguatkan ekonomi, ketika pertemuan tahunan Kongres Nasional Rakyat China dibuka hari minggu.

Indeks kelas berat Tencent Holdings naik 1,1 persen.

Namun, pasar terhapus beberapa keuntungan dalam perdagangan sore karena profit taking, yang menunjukkan bahwa kepercayaan masih rapuh.

Selera risiko dibatasi oleh ekspektasi kenaikan suku bunga AS akhir pekan depan, dan meningkatnya ketegangan geopolitik di Asia Timur, setelah Korea Utara menembakkan empat rudal balistik pada pagi hari, sementara pertikaian antara Tiongkok dan Korea Selatan terkait pertahanan rudal juga menekan.

Sedangkan indeks Hang Seng berjangka terpantau naik 36,00 poin atau 0,15 persen, pada 23,586.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 23,550.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan mencermati pergerakan bursa Wall Street nanti malam. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 23,033-22,525, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 24,096-24,586.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here