Harga Karet Tocom 6 Maret Naik 1 Persen Terbantu Optimisme Tiongkok; Mingguan Naik 2 Persen

694

Harga karet Tocom pada perdagangan sesi siang Senin (06/03) berakhir naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Agustus 2017 menguat optimisme pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Optimisme tentang prospek ekonomi Tiongkok terjadi setelah sidang tahunan Kongres Rakyat Nasional dibuka di Beijing.

Dalam pidato kepada badan legislatif nasional, Perdana Menteri Li Keqiang, memangkas target pertumbuhan negara untuk 6,5 persen dan memperingatkan bahaya dari tekanan global untuk kontrol perdagangan sebagai Beijing mencoba untuk membangun ekonomi konsumen dan mengurangi ketergantungan pada ekspor dan investasi. Li berjanji untuk lebih memotong produksi baja yang kelebihan yang mengancam hubungan perdagangan dengan Washington dan Eropa dan berjanji perlakuan yang sama bagi perusahaan asing.

Lihat : Tiongkok Perlambat Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2017 Pada 6,5 Persen

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Agustus 2017 siang ini berakhir naik sebesar 3,1 yen atau 1,1 persen pada posisi 276,00 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 272,90 yen per kilogram.

Untuk minggu ini harga karet Tocom naik 2,2 persen. Kenaikan mingguan sebagian besar didukung pelemahan Yen dan kenaikan harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya hari ini masih berpotensi menguat dengan optimisme ekonomi Tiongkok. Namun perlu dicermati penguatan Yen yang dapat menekan harga. Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 281,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 286,00 yen. Sementara itu jika harga melemah akan menemui Support di posisi 271,00  yen dan 266,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here