Yen Jepang Sesi Asia Diuntungkan Oleh Serangan Rudal Korut

640

Peluncuran rudal balistik Korea Utara yang masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif Jepang sebelum bursa Asia dibuka memberikan kekhawatiran pada pelaku pasar saham dan aset beresiko sehingga menguntungkan mata uang safe haven yen Jepang. Yen yang berhasil rebound kuat akhir pekan mengambil pijakan dari bearish dollar.

Lihat: Korea Utara Lepaskan Rudal Balistik ke Wilayah Jepang, Bursa Asia Tertekan

Ambruknya dollar AS akhir pekan lalu membuat pair USDJPY retreat dari rally 4 hari berturut akhir pekan lalu (3/3). Posisi dollar AS konsolidasi di tengah perdagangan safe haven membuat pair USDJPY pagi ini lanjutkan tekanan jual akhir pekan lalu. Selain itu anjloknya yield obligasi AS akhir pekan lalu menambah kekuatan yen Jepang.

Pergerakan pair USDJPY  sesi Asia (09:00:21 WIB)  bergerak lemah  setelah  dibuka lebih rendah pada   113.86  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  USDJPY kini bergulir  pada posisi 113.70 dan sempat mencapai posisi tinggi 114.12 dan terendah di 113.70.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga sesi Amerika malam nanti,  dollar AS akan menerima sentimen negatif dari data neraca perdagangan bulan Februari yang akan dirilis. Dengan kondisi tersebut dapat menguntungkan yen lebih lanjut.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here