Dollar AS 8 Maret Bergerak Datar, Pasar Menunggu Data Pekerjaan AS

408

Dolar AS sedikit berubah pada Rabu pagi (07/03), karena investor mulai mengambil sikap menunggu dan melihat menjelang laporan pekerjaan AS Jumat.

Dolar AS mencapai tertinggi dua bulan terhadap sekeranjang mata uang utama pekan lalu karena komentar hawkish pejabat Federal Reserve atas kemungkinan kenaikan suku bunga bulan ini, namun greenback sekarang duduk dalam kisaran sempit.

Kenaikan Dolar AS terlihat terbatas karena pasar telah hampir sepenuhnya menerima bahwa kenaikan suku bunga terjadi bulan Maret ini, namun fokus sekarang beralih ke berapa kali Fed dapat mengetatkan kebijakan tahun ini, apakah The Fed bisa melakukan tiga kenaikan tahun ini, maka data pekerjaan Jumat ini akan memberikan isyarat penting apakah peningkatan upah dapat terjadi.

Dolar hampir datar di ¥ 113,925 setelah naik sederhana untuk 114,160 semalam.

Euro hampir tidak berubah pada $ 1,0569 setelah turun sekitar 0,1 persen hari sebelumnya.

Indeks dolar, yang mencapai puncak dua bulan 102,260 Kamis lalu, stabil di 101,820. Ini naik sekitar 0,15 persen semalam, dengan dolar didukung oleh penurunan mata uang rivalnya di Eropa.

Pound tergelincir ke terendah tujuh minggu pada hari Selasa setelah data pengeluaran konsumen lemah menambah kekhawatiran bahwa ekonomi Inggris sedang melambat karena mempersiapkan untuk memicu keluarnya dari Uni Eropa. Sterling berdiri datar di $ 1,2202 setelah mencelupkan 0,3 persen semalam.

Swiss franc juga mundur ke posisi terendah multi-minggu, terluka oleh kenaikan cadangan devisa Swiss National Bank dan pernyataan dari Ketua SNB Thomas Jordan bahwa franc secara signifikan lebih bernilai.

Dolar Australia naik 0,1 persen menjadi $ 0,7592. Aussie telah melonjak ke $ 0,7633 hari sebelumnya setelah Reserve Bank of Australia mempertahankan suku bunga ditahan dan memberi penilaian optimis ekonomi, mengisyaratkan bahwa tidak berniat untuk melonggarkan kebijakan tahun ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here