Harga Timah 9 Maret Naik Terdorong Peningkatan Harga Produsen Tiongkok

467

Harga timah di bursa Malaysia naik pada perdagangan Kamis (09/03). Kenaikan harga timah terdorong meningkatnya inflasi harga produsen Tiongkok.

Inflasi harga produsen Tiongkok naik ke laju tercepat dalam hampir sembilan tahun di bulan Februari dan lebih dari yang diharapkan karena harga baja dan bahan baku lainnya memperpanjang rally, meningkatkan keuntungan bagi perusahaan industri di seluruh dunia.

Indeks harga produsen (PPI) melonjak 7,8 persen pada Februari dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan kenaikan 6,9 persen pada Januari, Biro Statistik Nasional (NSB), menyatakan Kamis (09/08). Para analis telah memperkirakan kenaikan 7,7 persen, sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan.

Lihat : Inflasi Harga Produsen Februari Tiongkok Naik Tertinggi 9 Tahun

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 19.300 dollar per ton, naik sebesar 50 dollar atau 0,3 persen dari penutupan sebelumnya pada 19.250.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah terbatas jika penguatan dollar AS berlanjut. Harga akan menghadapi level Support di posisi 19.100 dollar dan 18.900 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 19.500 dollar dan 19.700 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here