Bursa Seoul 10 Maret Berakhir Naik Setelah Pemecatan Presiden Korea Selatan; Mingguan Juga Positif

909
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Jumat (10/03), indeks Kospi berakhir 0,3 persen atau 6,3 poin menjadi ditutup pada 2,097.35. Bursa Saham Korea Selatan ditutup lebih tinggi pada hari Jumat karena kekacauan politik di ekonomi terbesar keempat di Asia ini mereda setelah pengadilan memutuskan untuk menggulingkan Presiden Park Geun-hye.

Pasar saham lokal dibuka lebih rendah tetapi maju setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan untuk memecat Park.

Park diberhentikan oleh parlemen pada 9 Desember atas tuduhan membiarkan teman dekatnya mencampuri urusan negara, berkolusi dengan dia untuk memeras uang dari konglomerat dan mengabaikan tugasnya selama tenggelamnya feri 2014 yang menewaskan lebih dari 300.

Analis mengatakan sentimen pasar dapat meningkatkan harapan bahwa pemerintah berikutnya akan menggelar serangkaian langkah-langkah ekonomi-meningkatkan.

Lihat : Pemecatan Presiden Park Geun-hye Pulihkan Pasar Korea Selatan

Pemilihan untuk memilih pengganti Park harus diselenggarakan dalam waktu 60 hari dan banyak berharap untuk jatuh pada 9 Mei untuk pemenang akan segera mengambil pemerintahan tanpa melalui masa transisi.

Analis mengatakan investor akan semakin memperhatikan pertemuan Federal Reserve yang dijadwalkan untuk minggu depan dengan bank secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga.

Pada akhir perdagangan saham Samsung Electronics merosot 0,05 persen menjadi 2.009.000 won, sementara saham SK hynix, pembuat chip utama, naik 2,5 persen menjadi 49.200 won.

Saham LG Electronics, pembuat alat rumah utama, adalah 1,08 persen turun di 64.100 won.

Saham POSCO, perusahaan baja menumpahkan 1,05 persen menjadi berakhir pada 283.000 won.

Saham Hyundai Motor, produsen mobil terkemuka di negara itu, naik 0,69 persen menjadi 146.000 won, dan SK Telecom, No 1 operator seluler, menumpahkan 0,4 persen menjadi berakhir pada 247.000 won.

Saham AmorePacific, pembuat kosmetik No 1 di negara itu, ditutup pada 272.500 won, turun 0,18 persen, dan LG Household & Healthcare, No 2 pemain di industri kosmetik negara, turun 0,99 persen menjadi 800.000 won.

Mata uang lokal ditutup pada 1,157.40 won terhadap dolar AS, naik 0,7 won dari penutupan sesi sebelumnya.

Untuk minggu ini indeks Kospi membukukan hasil positif 0,89 persen. Kenaikan mingguan terdukung kinerja positif saham Samsung dan SK Hynix.

Malam ini akan dirilis data Non Farm Payrolls AS. Jika terealisir meningkat akan semakin menguatkan kenaikan suku bunga AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Seoul akan bergerak lemah dengan kekuatiran kenaikan suku bunga AS. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here