Indeks Hang Seng 10 Maret Bergerak Datar, Kemerosotan Saham Energi Masih Menekan

474
indeks hang seng

Pada awal perdagangan bursa Hong Kong Jumat (10/03), indeks Hang Seng dibuka positif, namun saat ini terpantau turun tipis -2,32 poin atau -0,01 persen pada 23499.24. Pelemahan indeks Hang Seng terganjal lagi kemerosotan saham energi setelah harga minyak mentah merosot lagi semalam.

Saham Hong Kong dibuka lebih tinggi pada hari Jumat, dipimpin oleh saham Wharf (Holdings) yang melaporkan peningkatan 25 persen dalam inti pendapatan tahunan tahun lalu dibantu oleh kenaikan pendapatan properti dari kedua bisnis di Hong Kong dan Tiongkok.

Dengan sentimen didorong oleh laporan laba positif untuk 2016, Wharf naik 4 persen menjadi HK $ 64,8 pada pembukaan pasar. Pengembang lokal Sun Hung Kai Properties dan Bank of China adalah pemenang terbesar berikutnya sebagai perdagangan mulai berlangsung di bursa Hong Kong.

Kenaikan Wharf menyusul pengumuman kemarin bahwa itu akan menyingkirkan Unit i-kabel, layanan TV berbayar pertama di kota ini. Saham i-Cable anjlok 38,7 persen menjadi HK $ 0,6 pada pembukaan pasar hari ini.

Sementara itu, kelas berat sektor minyak memperpanjang kerugian mereka dari sesi sebelumnya. Harga minyak turun di bawah US $ 50 per barel pada hari Kamis untuk pertama kalinya tahun ini karena investor khawatir bahwa semakin banyak produsen minyak mentah AS dapat merusak upaya yang dilakukan oleh raksasa minyak untuk mengekang kekenyangan global.

Lihat : Harga Minyak Mentah Anjlok Dibawah $ 50

Pada awal perdagangan, saham PetroChina turun 0,7 persen menjadi HK $ 5,7, setelah jatuh 2,5 persen menjadi HK $ 5,7 pada hari Kamis, berkontribusi terhadap penurunan terburuk dalam saham Hong Kong dalam hampir tiga bulan. Saham Kunlun Energy, sebuah perusahaan internasional di bawah raksasa minyak Tiongkok, juga menumpahkan 0,6 persen menjadi HK $ 6.8.

Pecundang besar lainnya termasuk Sands China, pengembang resor Macau dan operator, yang sahamnya merosot 1,2 persen menjadi HK $ 33,5.

Sedangkan indeks Hang Seng berjangka terpantau turun tipis -16,00 poin atau -0,07 persen, pada 23,483.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 23,499.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Hang Seng bergerak negatif dengan kemerosotan saham energi. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 22,974-22,484, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 23,966-24,468.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here