Rupiah Jumat Pagi Masih Lemah Meskipun Dollar Sedang Tertekan

349

Anjloknya dollar AS selama 2 hari berturut terhadap beberapa rivalnya masih belum mampu membuat rupiah bergerak kuat. Rupiah masuki perdagangan pasar valas akhir pekan  hari Jumat (10/3) melemah melanjutkan pergerakan negatif sebelumnya. Selain itu laju rupiah hari ini dibebani oleh intervensi BI melemahkan kurs referensinya.

Posisi kekuatan rupiah yang melemah terhadap dollar AS tidak membuat intervensi modal asing di bursa saham Indonesia berkurang, sehingga tercetak net buy Rp3 miliar lebih. Support modal asing tersebut belum mampu angkat IHSG yang sedang bergerak lemah.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi melemah 0,05%  dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13397/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13393/US$. Dan untuk kurs jisdor BI tetapkan lebih lemah menjadi 13393 dari 13373 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi melemah pada akhir perdagangan  oleh penantian rilis data NPF AS yang dapat perkuat dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13410 dan  resistance di 13365.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here