Bursa Eropa Akhir Pekan Mixed; Mingguan IBEX Naik 2 Persen

405

Pasar saham Eropa ditutup mixed dengan sebagian besar kuat pada akhir pekan hari Jumat (10/03) dengan investor mencerna data pekerjaan AS yang kuat menjelang kenaikan suku bunga minggu ini.

Indeks FTSE berakhir pada 7.343,08, naik 28,12 poin atau 0,38%. Untuk minggu ini merosot -0,42 persen.

Indeks DAX berakhir pada 11.963,18, turun -15,21 poin atau -0,13%. Untuk minggu ini indeks turun -0,53 persen.

Indeks CAC berakhir pada 4.993,32, naik 11.81 poin atau 0,24%. Untuk minggu ini indeks turun -0,04 persen.

Indeks IBEX 35 berakhir pada 10.006,40, naik 8.00 poin atau 0,08%. Untuk minggu ini indeks naik 2,12 persen.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 mengurangi keuntungan sebelumnya dan berakhir fraksional di wilayah positif dengan saham minyak dan gas melebihi sektor lainnya. Namun, harga minyak sideways pada hari Jumat dan lebih rendah di penutupan Eropa. Minyak mentah Brent turun 0,65 persen pada $ 51,83 per barel dan WTI lebih rendah sebesar 0,55 persen pada $ 49,01.

Saham perbankan juga lebih tinggi, didorong oleh berita bahwa pemerintah Italia sedang mempertimbangkan penjualan saham 15 persen di negara pemberi pinjaman Cassa itu.

Data nonfarm payrolls AS untuk Februari menunjukkan peningkatan dari 235.000 pekerjaan dan mendorong ekspektasi investor dari kenaikan suku bunga pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal pada tanggal 14-15 Maret.

Sektor telekomunikasi melonjak menyusul berita bahwa BT mencapai kesepakatan peraturan dengan Ofcom untuk spin off Openreach, yang mengontrol infrastruktur broadband di Inggris. Saham BT naik 3,7 persen terkait berita.

Akzo Nobel, pembuat cat Belanda, dekat dengan puncak patokan Eropa setelah salah satu pemegang saham yang disebut pada perusahaan untuk terlibat dalam pembicaraan lebih lanjut dengan PPG industri AS saingan. Pada hari Kamis, saham perusahaan Belanda yang lebih tinggi setelah mengumumkan bahwa ia menolak kesepakatan $ 22000000000 dari PGG.

Sebaliknya, saham SEGRO turun 5,6 persen. Perusahaan mengatakan membeli 50 persen sisanya dari Airport Property Partnership untuk £ 365 juta ($ 439.800.000).

Repsol ditutup lebih tinggi pada Jumat setelah mengumumkan penemuan minyak di Alaska bisa meningkatkan produksinya sebesar 120.000 barel per hari.

Di tempat lain, investor terus mencerna keputusan Bank Sentral Eropa untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Kamis. Presiden Mario Draghi juga mengisyaratkan bahwa tidak ada lagi rasa urgensi untuk mengambil tindakan moneter lebih lanjut.

Euro melonjak ke level tertinggi tiga minggu terhadap dolar setelah laporan Bloomberg telah menyarankan ECB membahas kemungkinan kenaikan suku bunga sebelum program pembelian aset yang telah berakhir. Euro naik setinggi $ 1,0670 pada hari Jumat.

Dalam berita perusahaan, perusahaan asuransi Allianz telah mengangkat Giulio Terzariol, yang menjalankan perencanaan kelompok dan pengendalian, sebagai kepala keuangan baru.

Perdana Menteri U.K. Theresa Mei dikonfirmasi saat konferensi pers di Brussels bahwa Inggris akan memulai negosiasi keluar dengan Uni Eropa pada akhir bulan ini.

Dalam hal data, surplus perdagangan Jerman turun ke level terendah 12-bulan pada bulan Januari, data menunjukkan pada hari Jumat. Neraca perdagangan turun menjadi 14,8 miliar euro dari 18,7 miliar euro pada Januari dari bulan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pidato Presiden ECB Mario Draghi malam nanti, yang jika memberikan sentimen positif akan menguatkan bursa Eropa. Bursa juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here