Bursa Shanghai 13 Maret Berakhir Naik Terbaik 3 Minggu

572

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (13/03), indeks Shanghai berakhir naik 0,76 persen atau 24,3 poin pada 3,237.02. Bursa Saham Shanghai membukukan keuntungan terbaik dalam tiga minggu setelah seorang pejabat penelitian senior mengatakan pada akhir pekan bahwa ekonomi terbesar kedua dunia itu pada pijakan mantap.

Li Wei, direktur Pengembangan Pusat Penelitian Dewan Negara, mengatakan pada hari Minggu bahwa risiko penurunan tajam ekonomi Tiongkok mengalami penurunan. Dia mengatakan ekonomi telah pindah melalui pola perlambatan “L-shape” menuju pertumbuhan “horisontal”.

Lihat : Pemerintah Tiongkok Optimis Ekonomi Januari-Februari Meningkat

Kekhawatiran pengetatan moneter lebih kuat di Tiongkok juga mereda setelah seorang pejabat senior pemerintah mengatakan pada hari Minggu bahwa risiko utang untuk perusahaan milik negara utama (BUMN) Tiongkok dapat dikontrol.

Pada hari Jumat, Gubernur bank sentral Tiongkok Zhou Xiaochuan mengatakan bahwa memerlukan waktu untuk menurunkan tingkat utang perusahaan.

Bank sentral telah mengangkat moderat suku bunga jangka pendek dua kali tahun ini dan diperkirakan akan dinaikkan lagi dalam beberapa bulan mendatang sebagai perekonomian yang lebih stabil memberikan kebijakan kepercayaan diri dan ruang untuk mengatasi risiko keuangan seperti rasio leverage perusahaan yang tinggi.

Data pada Selasa diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan produksi dan investasi industri Tiongkok naik dalam dua bulan pertama tahun ini, meskipun penjualan ritel mungkin telah berkembang dengan kecepatan yang sedikit lebih lambat.

Para pedagang mengatakan pasar Tiongkok sebagian besar telah memperkirakan kenaikan suku bunga AS diharapkan akhir pekan ini.

Pada akhir perdagangan sektor rally di seluruh papan, dipimpin oleh sektor real estate dan bahan yang naik pada ekspektasi bahwa harga bahan baku akan meningkat lebih lanjut di bagian belakang pemulihan ekonomi global.

Esok hari akan dirilis data Fixed Asset Investment, Produksi Industri Januari-Februari yang diindikasikan meningkat, dan Retail Sales Januari-Februari yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif jika data ekonomi terealisir meningkat. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3139-3050, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3327-3434.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here