Indeks Shanghai 13 Maret Bergerak Naik Terdorong Optimisme Pertumbuhan Ekonomi

429
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Senin (13/03), Indeks Shanghai bergerak naik, saat ini terpantau naik 13,65 poin atau 0,42 persen menjadi 3226.41. Pergerakan positif bursa Shanghai terpicu optimisme pemerintah Tiongkok untuk ekonomi yang positif dalam dua bulan awal tahun ini.

Risiko penurunan tajam dalam perekonomian Tiongkok telah mereda, demikian kepala pusat penelitian pemerintah mengatakan pada hari Minggu (12/03), menambahkan negara telah bergeser melalui pola perlambatan “L-shape” menuju pertumbuhan “horisontal” saat ini.

Ekonomi Tiongkok tumbuh 6,7 persen tahun lalu, menurut pemerintah, laju paling lambat dalam 26 tahun. Negara mencapai target pertumbuhan dengan dukungan dari rekor pinjaman bank, lonjakan perumahan spekulatif dan miliaran investasi pemerintah.

Lihat : Pemerintah Tiongkok Optimis Ekonomi Januari-Februari Meningkat

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai berpotensi kuat dengan optimisme ekonomi Tiongkok. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3139-3050, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3327-3434.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here