Optimisme Ekonomi Jerman Maret Naik Kurang Dari Perkiraan

506

Optimisme ekonomi Jerman meningkat kurang dari yang diharapkan pada bulan Maret, yang mencerminkan ketidakpastian atas prospek ekonomi dan hasil pemilu di beberapa negara Uni Eropa.

Indikator bulanan lembaga think tank Jerman ZEW datang di 12,8 pada bulan Maret. Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal mengharapkan pembacaan 13,0, naik dari 10,4 pada bulan Februari.

germany-zew-economic-sentiment-index

“Fakta bahwa indikator ZEW sentimen ekonomi hanya menunjukkan gerakan ke atas sedikit adalah refleksi dari ketidakpastian saat ini sekitar pembangunan ekonomi di masa depan,” kata Presiden ZEW Achim Wambach. Risiko politik yang terkait dengan pemilu di Belanda, Perancis dan Jerman adalah menjaga ketidakpastian ekonomi Jerman, terbesar di Eropa, pada “tingkat yang relatif tinggi,” kata Wambach.

Survei ZEW mencerminkan pandangan dari analis keuangan dan investor institusi. Beberapa ekonom lebih memilih untuk melihat survei dari para pemimpin bisnis, seperti indeks pembelian manajer, untuk mengukur kekuatan ekonomi Jerman.

Ukuran ZWE untuk kondisi saat ini berdiri di 77,3 setelah 76,4 pada bulan Februari.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here