Produksi Industri Januari Zona Eropa Naik Dibawah Perkiraan

563

Produksi industri Zona Eropa meningkat kurang dari yang diharapkan pada bulan Januari sebagai investasi perusahaan yang lebih tinggi di mesin diimbangi dengan penurunan dalam produksi barang-barang konsumsi, demikian rilis dari kantor statistik Uni Eropa, Selasa (14/03).

Eurostat mengatakan produksi industri di 19 negara blok mata uang tunggal tersebut naik pada bulan Januari sebesar 0,9 persen dibandingkan bulan sebelumnya, dan 0,6 persen tahun-ke-tahun.

euro-area-industrial-production-mom

Kedua angka yang lebih rendah dari ekspektasi pasar. Sebuah jajak pendapat Reuters ekonom telah memperkirakan kenaikan bulanan rata-rata 1,3 persen dan meningkat 0,9 persen tahun-ke-tahun.

euro-area-industrial-production

Angka-angka Januari yang lebih rendah dari perkiraan yang sebagian diimbangi oleh data direvisi naik untuk bulan Desember ketika produksi industri turun 1,2 persen pada bulan ini, kurang dari penurunan 1,6 persen yang diperkirakan oleh Eurostat.

Pada basis tahunan produksi naik sebesar 2,5 persen pada Desember, lebih dari 2,0 kenaikan perkiraan sebelumnya.

Kenaikan produksi bulanan pada bulan Januari adalah sebagian besar disebabkan lonjakan produksi barang modal, seperti mesin, yang naik sebesar 2,8 persen, sepenuhnya mengimbangi penurunan yang sama pada bulan sebelumnya, sebagai tanda prospek peningkatan penjualan perusahaan di masa depan.

Produksi energi juga naik 1,9 persen pada bulan ini.

Namun produksi barang-barang konsumsi tahan lama dan non-tahan lama menurun. Produksi barang tahan lama, seperti mobil atau lemari es, turun sebesar 0,4 persen pada Januari, setelah lonjakan 3 persen pada Desember.

Produksi barang-barang konsumen non-tahan lama turun 0,7 persen, dibandingkan 0,2 persen Desember jatuh.

Produksi barang setengah jadi juga turun sebesar 0,4 persen.

Pada tingkat nasional, lonjakan 3,3 persen dalam produksi bulanan Jerman, ekonomi terbesar blok itu, sebagian diimbangi oleh produksi jatuh di Perancis (-0,3 persen) dan Italia (-2,3 persen), masing-masing sebagai ekonomi terbesar kedua dan ketiga di zona Eropa.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here