Indeks Shanghai 15 Maret Berawal Lemah, Berpotensi Rebound Dengan Pidato Optimis Li Keqiang

489

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Rabu (15/03), Indeks Shanghai dibuka lemah, saat ini terpantau turun 1,71 poin atau 0,05 persen menjadi 3237.62. Pergerakan lemah bursa Shanghai terpicu kehati-hatian investor menantikan keputusan suku bunga AS dinihari nanti, juga berbagai event global lainnya.

Investor mencermati dengan hati-hati keputusan suku bunga AS, dimana pasar telah dalam probabilitas kuat bahwa Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga acuan hari ini pada akhir pertemuan dua hari Komite dalam menetapkan kebijakannya.

Demikian juga pemilihan umum yang berlangsung di Belanda Rabu ini, merupakan yang pertama dari tiga pemilu utama di Eropa tahun ini.

Bank of Japan akan memulai pertemuan kebijakan moneter dua hari hari ini, dan pada hari Kamis Bank of England akan mengumumkan keputusan suku bunga.

Namun kerugian bursa Shanghai semakin terkikis dengan adanya optimisme pidato Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang terkait hubungan Tiongkok-AS dan optimisme PDB 2017 dapat tercapai.

Terdapat prospek cerah untuk hubungan Tiongkok-AS, demikian Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang mengatakan pada konferensi pers pada hari Rabu (15/03).

Berbicara pada akhir ‘Dua Sesi’ pertemuan tahunan Tiongkok, Li mengatakan bahwa Beijing dan Washington harus memperkuat dialog untuk menyelesaikan perbedaan dan mencapai landasan bersama dalam hubungan perdagangan. Li menegaskan bahwa Tiongkok tidak ingin terjadi perang dagang dengan AS.

Beijing juga menetapkan target 2017 produk domestik bruto (PDB) bangsa di 6,5 persen, di bawah sasaran tahun 2016 antara 6,5 dan 7 persen. Li membela target itu pada Rabu, mengatakan angka itu tidak rendah dan tidak akan mudah untuk bertemu di tengah risiko domestik dan eksternal. Namun Li yakin Tiongkok memiliki banyak alat kebijakan untuk menghasilkannya.

Lihat : Pidato Optimis Li Keqiang : Prospek Cerah Hubungan Tiongkok-AS dan PDB 2017

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai berpotensi naik dengan pidato optimis Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3139-3050, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3345-3450.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here