Bursa Eropa 16 Maret Bergerak Naik, Data Inflasi Zona Eropa Dicermati

734

Pasar Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Kamis (16/03) menyusul pengumuman kenaikan suku bunga AS oleh Federal Reserve.

Indeks FTSE bergerak pada 7.435,27, naik 66,63 poin atau 0,90%

Indeks DAX bergerak pada 12.133,53, naik 123,66 poin atau 1,03%

Indeks CAC bergerak pada 5.026,75, naik 41,27 poin atau 0,83%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10.139,30, naik 156,10 poin atau 1,56%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,35 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif dengan FTSE 100 mencapai rekor tinggi 7.418.

Sektor sumber daya dasar memimpin kenaikan oleh 2,16 persen setelah berita bahwa taipan India Anil Agarwal adalah menaruh dana pribadi pada Anglo American hingga 2 miliar pound. Sebagian besar saham berkinerja terbaik di penawaran awal milik sektor dengan Anglo American naik 10 persen, Fresnillo lebih tinggi sebesar 6 persen dan Antofagasta naik sebesar 5 persen.

Maskapai penerbangan Lufthansa German naik sebesar 4 persen pada penawaran awal setelah melaporkan pendapatan € 1750000000 tahun lalu, sejalan dengan perkiraan. Namun itu menambahkan bahwa mereka mengharapkan keuntungan jatuh sedikit pada tahun 2017.

Sebaliknya, perusahaan Perancis Renault turun hampir 4 persen setelah regulator mengatakan bahwa Carlos Ghosn, kepala perusahaan, harus bertanggung jawab dalam investigasi kecurangan emisi diesel.

Ketua The Fed Janet Yellen menaikkan suku bunga sebesar 25 poin pada Rabu malam tapi mengisyaratkan tidak ada kenaikan dalam kecepatan normalisasi suku bunga.

Sementara itu, di Jepang, Bank Sentral mengatakan Kamis pagi mempertahankan suku tidak berubah dan Bank Rakyat Tiongkok menaikkan suku bunga jangka pendek sebesar 10 basis poin pada keduanya pinjaman fasilitas pinjaman jangka menengah dan operasi pasar terbuka terbalik perjanjian pembelian kembali .

Meskipun demikian, pada hari Kamis, investor akan melihat bank sentral Norwegia dan Inggris untuk keputusan suku bunga terbaru mereka.

Dari kondisi politik, pemilih di Belanda menuju ke tempat pemungutan suara untuk memilih perdana menteri berikutnya. Menurut jajak pendapat, partai pusat-kanan pimpinan Mark Rutte mengalahkan anti-imigran dan anti kemapanan Freedom Party.

Emmanuel macron, pelopor dalam pemilihan presiden Prancis, diatur untuk bertemu dengan Kanselir Angela Merkel di 02:00 waktu London.

Sore ini akan dirilis data inflasi Zona Eropa Februari yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan bergerak naik jika data inflasi zona Eropa terealisir meningkat. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here