Inflasi Februari Zona Eropa Meningkat Tertinggi 4 Tahun

735

Estimasi akhir Eurostat, Kamis (16/03), untuk inflasi Februari Zona Eropa dikonfirmasi meningkat menjadi 2,0% dari 1,8% secara tahunan pada bulan Januari. Demikian juga inflasi naik 0,4% pada bulan tersebut.

Tingkat tahunan telah meningkat tajam selama tiga bulan terakhir dari 0,6% pada bulan November dan tingkat tertinggi sejak Januari 2013.

euro-area-inflation-cpi

Tingkat inflasi inti, tidak termasuk makanan, energi dan tembakau, yang diadakan di 0,9% untuk bulan Februari yang juga sesuai dengan harapan. Ini adalah pembacaan inti ketiga berturut-turut sebesar 0,9% dan angka tersebut meningkat hanya sedikit dari 0,8% terlihat pada Februari 2016.

Harga energi naik 9,3% di tahunan dari 8,1% pada bulan Januari meskipun penurunan bulanan kecil dalam harga sementara harga makanan naik 2,5% selama tahun ini setelah kenaikan bulanan 0,8%.

Harga barang-barang industri di luar sektor energi naik 0,2% sepanjang tahun setelah tidak berubah pada bulanan,  sedangkan inflasi sektor jasa naik ke 1,3% dari 1,2% setelah kenaikan bulanan 0,5%.

ECB telah menegaskan bahwa inflasi tetap rendah dan bahwa tidak ada bukti peningkatan yang berkelanjutan dalam inflasi. Jika harga energi mempertahankan nada lemah dilihat bulan ini maka tekanan pada inflasi akan memudar dengan cepat, berpotensi membenarkan sikap ECB.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here