Bursa Shanghai 17 Maret Merosot 1 Persen; Namun Mingguan Menguat

815
shanghai index

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (17/03), indeks Shanghai berakhir merosot 0,97 persen atau 31,6 poin menjadi ditutup pada 3,237.31. Bursa Saham Shanghai turun membukukan hari terburuk sejak Desember lalu, karena investor menunggu bukti baru dari pemulihan yang berkelanjutan di ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Untuk minggu ini, indeks Shanghai naik 0,8 persen. Kenaikan mingguan terdukung keputusan Federal Reserve AS mengurangi ekspektasi pengetatan lebih agresif, juga pernyataan optimis dari Perdana Menteri Tiongkok dan pejabat pemerintah lainnya.

Bank sentral Tiongkok pada Kamis menaikkan suku bunga jangka pendek dalam apa yang ekonom katakan sebagai upaya untuk mencegah arus keluar modal dan menjaga mata uang yuan stabil setelah kenaikan suku bunga AS.

Bank sentral mencoba untuk menenangkan kegelisahan dengan mengatakan kenaikan tarif antar bank tidak menunjukkan perubahan dalam kebijakan moneter dan tidak sama dengan kenaikan suku bunga acuan.

Namun para analis mengatakan langkah kenaikan suku bunga, lebih dari yang diharapkan, pada akhirnya akan diterjemahkan ke dalam biaya pinjaman yang lebih tinggi bagi perusahaan dan konsumen Tiongkok.

Untuk hari ini, sebagian besar sektor melemah, terseret oleh saham material dan saham perbankan, dengan sektor biaya pinjaman yang lebih tinggi biasanya tertekan seperti properti dan perbankan.

Secara khusus, investor mundur dari saham baru yang terdaftar, banyak yang merosot setelah melonjak dalam beberapa pekan terakhir pada pembelian spekulatif.

Namun, saham Baiyin Nonferrous ditutup naik 1,6 persen dalam perdagangan volatile.

Saham telah melampaui China Molybdenum untuk menjadi perusahaan terbesar nonferrous terdaftar berdasarkan nilai pasar, setelah meroket 574 persen sejak debut perdagangan pada pertengahan Februari.

Malam nanti akan dirilis data Produksi Industri dan Michigan Consumer Sentiment yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir, berpotensi menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif jika bursa Wall Street menguat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here