Kenaikan Suku Bunga Tiongkok Belum Berhasil Kuatkan Yuan

430

Yuan Tiongkok diperdagangkan sedikit melemah pada Jumat pagi (17/03), meskipun keputusan bank sentral untuk menaikkan biaya pinjaman akan meringankan beberapa tekanan pada mata uang.

Yuan offshore di Hong Kong turun 0,11 persen, atau 77 poin, lemah di 6,8773 pada 10:55, dan yuan onshore di Shanghai diperdagangkan 0,1 persen, atau 67 poin, lebih kuat di 6,9017.

Bank Rakyat Tiongkok memandu tingkat titik tengah turun 11 basis poin, atau 0,02 persen, ke 6,8873. Pedagang di daratan diperbolehkan untuk perdagangan mata uang dalam kisaran 2 persen dari panduan harga.

Bank sentral menaikkan suku moneter untuk kedua kalinya tahun ini pada hari Kamis setelah AS mengumumkan peningkatan suku bunga acuan. PBOC menaikkan suku bunga reverse repo sebesar 10 basis poin dan disuntikkan 303.000.000.000 yuan ke dalam sistem perbankan melalui fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF).

Fakta bank sentral Tiongkok menaikkan suku bunga pinjaman yang pada hari yang sama dengan kenaikan suku bunga AS menunjukkan hal itu bermaksud untuk menstabilkan yuan dengan mempersempit perbedaan dalam tingkat.

Federal Reserve AS Kamis pagi menaikkan target suku bunga overnight sebesar 25 basis poin ke kisaran 0,75 persen menjadi 1,0 persen. Ini adalah kenaikan kedua dalam tiga bulan.

The Fed mengisyaratkan akan ada dua kenaikan lebih lanjut tahun ini. Namun, Ketua Fed Janet Yellen mengisyaratkan bahwa laju kenaikan tarif mungkin lebih bertahap dari pasar yang telah harapkan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here