Bursa Shanghai 21 Maret Ditutup Naik, Saham Infrastruktur Rally

403
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Selasa (21/03), indeks Shanghai berakhir naik 0,35 persen atau 11,4 poin pada 3,262.2. Bursa Saham Shanghai ditutup sedikit lebih tinggi pada Selasa, tapi risk appetite investor tertahan di tengah meningkatnya tanda-tanda likuiditas ketat dalam sistem perbankan.

Bank sentral Tiongkok harus menjelaskan tingkat baru kebijakan jangka pendek dan tingkat suku bunga target secepat mungkin, kertas kerja bank sentral menyatakan, sebagai pihak berwenang di ekonomi terbesar kedua di dunia perlahan-lahan bergeser ke upaya pengetatan.

Tingkat repo tujuh hari Tiongkok mencapai tertinggi sembilan bulan pada hari Jumat secara volume rata-rata tertimbang.

Saham infrastruktur rally, dibantu oleh berita negara mengharapkan bergerak positif untuk mengajak Australia untuk prakarsa New Silk Road ketika Premier Li Keqiang mengunjungi negara itu minggu ini.

Rencananya adalah dikeluarkan kebijakan luar negeri dan ekonomi yang ditanda tangan Presiden Tiongkok Xi Jinping, membayangkan terjadi belanja infrastruktur besar-besaran untuk menghubungkan Tiongkok ke Asia dan seterusnya.

Saham Bank terus merosot di pasar, dengan pemberi pinjaman pada tahun 2016 kemungkinan membukukan margin bunga terendah sejak krisis keuangan global, karena biaya yang lebih tinggi dan lebih sedikit pilihan pinjaman yang menguntungkan.

Kenaikan dipimpin oleh saham konsumen, seperti saham kapital besar pembuat minuman keras, karena investor terus membeli ke sektor, yang diharapkan dapat memberikan manfaat dari pemulihan industri dan konsentrasi pasar yang lebih tinggi.

Saham China Shenhua, penambang batubara terbesar di negara itu, melonjak 8,4 persen menjadi tertinggi 19 bulan, setelah perusahaan mengumumkan proposal pembayaran dividen yang spektakuler.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan mencermati perkembangan ekonomi domestik. Jika sentimen pengetatan kebijakan mencuat, akan menekan bursa. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3167-3070, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3365-3464.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here