Ekspor Februari Jepang Melonjak 2 Tahun Tertinggi, Surplus Perdagangan Tertinggi Hampir 7 Tahun

568

Ekspor Jepang tumbuh 11,3 persen tahun-ke-tahun pada bulan Februari, didukung oleh pengiriman suku cadang mobil dan komponen elektronik ke Asia, demikian data Departemen Keuangan Jepang pada hari Rabu (22/03).

Hasil ini melebihi kenaikan 10,6 persen yang diperkirakan para ekonom dalam jajak pendapat Reuters dan menyusul kenaikan 1,3 persen pada Januari, menandai kenaikan terbesar sejak Januari 2015, dan menyoroti pemulihan ekonomi yang dipimpin oleh permintaan luar negeri tetapi juga rebound dari perlambatan Tahun Baru Imlek di Tiongkok dan bagian lain di Asia.

japan-exports

Efek dari rebound liburan Tahun Baru Imlek pada bulan Januari yang besar, demikian pernyataan pejabat kementerian.

Ekspor Jepang ke Amerika Serikat, pasar utama bagi produk Jepang, naik 0,4 persen pada Februari dari tahun lalu, karena pengiriman mobil dan suku cadang mobil.

Surplus perdagangan Jepang dengan Amerika Serikat naik 1,5 persen tahunan ke 611,3 miliar yen ($ 5,48 miliar), membukukan kenaikan pertama dalam tiga bulan setelah penurunan revisi 26,5 persen pada Januari.

Jepang dan Amerika Serikat akan memulai dialog ekonomi tingkat tinggi pada pertengahan April, dengan Tokyo mencari cara untuk menghindari friksi perdagangan pada isu-isu seperti ekspor mobil dengan mengusulkan agenda yang berfokus pada investasi di bidang infrastruktur AS.

Ekspor ke Tiongkok, mitra dagang terbesar Jepang, naik 28,2 persen tahun-ke-tahun pada bulan Februari, percepatan dari kenaikan tahunan 3,1 persen pada bulan sebelumnya, sebagai pabrik melanjutkan produksi setelah liburan Tahun Baru Imlek.

Impor naik 1,2 persen pada tahun ini hingga Februari, dibandingkan estimasi median dari kenaikan 0,6 persen. Ini diikuti kenaikan 8,4 persen direvisi pada bulan Januari, yang merupakan kenaikan pertama dalam lebih dari dua tahun.

japan-balance-of-trade

Surplus perdagangan yang belum disesuaikan 813,4 miliar yen secara luas sejalan dengan perkiraan median ekonom. Sedangkan surplus perdagangan yang disesuaikan sebesar 680,3 miliar yen ($ 6,09 miliar), tertinggi sejak April 2010.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here