Harga Timah 24 Maret Menurun; Mingguan Naik Terbantu Pelemahan Dollar AS

412

Harga timah di bursa Malaysia turun pada perdagangan Jumat (24/03). Pelemahan harga timah tertekan kenaikan dollar AS semalam.

Dolar AS sempat tergelincir pada hari Kamis setelah klaim pengangguran AS naik tak terduga. Namun dengan penjualan rumah baru AS mencapai tertinggi tujuh bulan, dolar kembali bangkit.

Kenaikan dollar AS membuat harga timah berdenominasi dollar AS menjadi mahal sehingga permintaan menjadi lemah.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami pelemahan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 20.220 dollar per ton, turun sebesar 160 dollar atau 0,79 persen dari penutupan sebelumnya pada 20.380.

Pasar akan mencermati hasil pemungutan suara RUU pemeliharaan kesehatan di parlemen AS untuk menggantikan Obamacare. Jika terjadi kesepakatan berpotensi menguatkan dollar AS.

Untuk minggu ini harga timah naik 0,8 persen, sebagian besar terbantu pelemahan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah terbatas jika penguatan dollar AS terealisir. Harga akan menghadapi level Support di posisi 20.000 dollar dan 19.800 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 20.400 dollar dan 20.600 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here