Pertumbuhan Sektor Manufaktur dan Jasa Maret Jerman Meningkat

748

Aktifitas ekonomi Jerman secara tak terduga menguat di bulan Maret, terpicu kenaikan dalam penciptaan lapangan kerja dan tekanan harga.

Indeks Pembelian Manajer untuk manufaktur dan jasa naik menjadi 57 dari 56,1 pada bulan Februari, IHS Markit mengatakan Jumat (24/03). Itulah level tertinggi dalam hampir enam tahun dan dibandingkan dengan estimasi median dalam survei Bloomberg untuk penurunan ke 56.

germany-composite-pmi

Bundesbank telah menyatakan bahwa tingkat pertumbuhan kuartalan yang dibukukan pada semester kedua tahun lalu sebesar 0,1 persen dan 0,4 persen, mungkin telah sejalan dengan tren ekonomi, menandakan bahwa laju ekspansi dapat dipercepat. Dengan inflasi di atas 2 persen, pengangguran pada rekor rendah dan permintaan yang kuat baik di dalam dan di luar negeri, panggilan dari ekonomi terbesar di kawasan ini untuk memperoleh stimulus Bank Sentral Eropa mungkin menjadi lebih sulit.

Ekonom senior di IHS Markit menyatakan perusahaan menanggapi tekanan kapasitas pada bulan Maret, dengan tingkat penciptaan lapangan kerja di sektor swasta hampir cocok dengan survei rekor enam tahun yang lalu. Tekanan inflasi terus membangun.

Sebuah ukuran untuk manufaktur melonjak menjadi 58,3 di bulan Maret – tingkat tertinggi dalam 71 bulan – dari 56,8, sedangkan indeks aktivitas jasa naik menjadi 55,6 dari 54,4 pada bulan Februari.

Harga input meningkat pada tingkat tercepat sejak April 2011, didorong oleh dolar yang lebih kuat dan minyak lebih mahal dan baja. Perusahaan melewati beberapa biaya yang meningkat kepada pelanggan dengan menaikkan harga produksi, kata IHS Markit.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here